Intip Kesiapan Dua Gerbang Tol Pengganti Cikarang Utama

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Intip Kesiapan Dua Gerbang Tol Pengganti Cikarang Utama

Intip Kesiapan Dua Gerbang Tol Pengganti Cikarang Utama

KEPONEWS.COM - Intip Kesiapan Dua Gerbang Tol Pengganti Cikarang Utama PT Jasa Marga Tbk, memastikan upaya pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama di tol Jakarta-Cikampek berjalan lancar. Kedua gerbang tol pengganti itu ialah GT Cikampek Utama di Km 70 dan GT Kalihurip Uta...
Loading...

PT Jasa Marga Tbk, memastikan upaya pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama di tol Jakarta-Cikampek berjalan lancar. Kedua gerbang tol pengganti itu ialah GT Cikampek Utama di Km 70 dan GT Kalihurip Utama di Km 66, dipastikan siap beroperasi pada 23 Mei 2019.

General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R. Lukman mengatakan, pihaknya yakin kedua GT ini bisa mengantisipasi lonjakan pemudik pada Lebaran 2019 ini. Meskipun perkiraan lonjakan penumpang jalan tol akan terjadi, karena tersambungnya tol Trans Jawa dari Merak-Surabaya.

Selain itu, lonjakan penumpang juga diprediksi, karena adanya perpindahan moda mudik dari pesawat menjadi moda darat alias jalan tol.

"Pada 23 Mei akan kita operasikan, atau Kamis jam 00.00 WIB. Ada 14 gardu yang kita operasikan di Cikampek Utama ini, di main road-nya saja," kata Raddy, saat meninjau progres pembangunan Gerbang Tol Cikampek Utama, Senin 20 Mei 2019.

Persiapan pembangunan gerbang Tol Kalihurip Utama.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Toll Road Maintenance, Rudi Hardiansyah memaparkan, secara total progres pembangunan GT Cikampek Utama sudah 82 persen. Sedangkan GT Kalihurip Utama, sudah mencapai 83 persen.

Ilustrasi smartphone.

Rekomendasi Smartphone untuk Lebaran, dari Rp1 Juta sampai Rp10 Juta

Antrean kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu, 13 Juni 2018.

Tips Mudik Nyaman untuk Penderita Hipertensi

Ilustrasi kendaraan pemudik.

Cara Agar Mudik Lebaran Asyik Tapi Tak Boros

"H-10 Lebaran siap fungsi untuk semua gerbang tol ini," kata dia.

Menurutnya, kapasitas GT Cikampek Utama maupun GT Kalihurip Utama lebih dari memadai untuk menampung kendaraan saat arus mudik. Setidaknya, kedua GT ini menyiapkan total 30 gardu beserta gardu satelit.

"Insya Allah, tanggal 23, hari Kamis siap. Sekarang pun, sebetulnya sudah siap cuma finishing. Kami mengejar penyelesaian untuk satelit, agar pada saat arus balik dan mudik semua bisa difungsikan," kata dia.

Pantauan VIVA, pembangunan gerbang dan gardu di kedua gerbang tol tersebut memang sudah hampir selesai. Namun, untuk kantor bagi pekerja, atau petugas operator Jasa Marga masih dalam bentuk kantor darurat.

"Ini belum permanen, nanti kantornya akan dibangun dua lantai di GT Kalihurip dan di GT Cikampek Utama dibangun tiga lantai," tambah General Manager Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Dwi Winarsa di GT Kalihurip Utama. (asp)

Comments