Intip Harga Mobil-Mobil Kepresidenan di Berbagai Negara (1)

Otomotif

News / Otomotif

Intip Harga Mobil-Mobil Kepresidenan di Berbagai Negara (1)

Intip Harga Mobil-Mobil Kepresidenan di Berbagai Negara (1)

KEPONEWS.COM - Intip Harga Mobil-Mobil Kepresidenan di Berbagai Negara (1) JAKARTA - Setiap negara memiliki mobil dinas kepresidenan. Mobil tersebut dirancang untuk memenuh standar keamanan presiden atau perdana menteri. Mobil dinas kepresidenan dibuat menggunakan bahan anti...
Loading...

JAKARTA - Setiap negara memiliki mobil dinas kepresidenan. Mobil tersebut dirancang untuk memenuh standar keamanan presiden atau perdana menteri. Mobil dinas kepresidenan dibuat menggunakan bahan antipeluru, baik bodi maupun kaca jendelanya.

Tak banyak produsen automotif yang membuat mobil antipeluru. Biasanya produsen hanya membuatnya berdasarkan pesanan. Hal ini karena mobil antipeluru memiliki bobot yang luar biasa berat, karena menggunakan pelat baja dan kaca tahan peluru.

Mercedes Benz merupakan produsen mobil premium yang banyak mendapatkan pemesanan mobil kepresidenan. Umumnya model yang digunakan ialah S Class Pullman Guard. Model ini dibuat Mercedes Benz dengan menggandeng produsen mobil mewah asal Jerman lainnya, yakni Maybach.

Berikut beberapa mobil mewah kepresidenan yang digunakan di banyak sekali negara, termasuk kisaran harganya.

10. India (Mercedes Benz S600 Pullman Guard)

Presiden Narendra Modi menggunakan Mercedes Benz S600 Pullman Guard dengan kode sasis W221. Mobil ini lebih panjang dari pendahulunya W220 beberapa inci untuk menambah kenyamanan penumpang. Soal keamanan, pelat baja pada bodi serta kaca jendela bisa menahan tembakan AK47.

Disebutkan, harga dasar mobil ini merupakan USD180 ribu atau sekira Rp2,4 miliar. Tentunya belum termasuk penambahan fitur serta perangkat keamanan seperti pelat baja dan kaca antipeluru. Setiap mobil kepresidenan memiliki spesifikasi berbeda-beda dalam hal keamanan.

9. Filipina (Mercedes Benz S600 Pullman Guard)

Filipina memiliki mobil kepresidenan yang sama dengan India, namun dari segi spesifikasi tampaknya di atas mobil Narendra Modi. Meski demikian kode sasisnya masih sama yakni W221.

Limusin empat pintu ini menggunakan fitur brake assist plus, power brake boost, sensor assist, electronic stability program, dan night viww assist. Mobil kepresidenan Filipina juga disebut-sebut menggunakan radar. Disebutkan harga dasar mobil ini mencapai USD250.547.

8. Russia (Limusin Mercedes S Class)

Presiden Rusia Vladimir Putin ketika ini masih menggunakan limusin Mercedes Benz S Class. Pada akhir 2017 atau paling lambat 2018, Pemerintah Rusia akan memberikan mobil baru kepada pejabat negara, kali ini buatan lokal dari Perusahaan Kortezh.

Mercy S Class Putin sudah mengalami modifikasi semenjak 2014 untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Nuansa kemewahan terasa di dalamnya, hal ini bisa dilihat dari simbol double eagle emas di setir kemudi. Soal keamanan, tidak diragukan lagi. Sangat mungkin, level ketahanan mobil dari serangan peluru dan bom hampir sama dengan mobil dinas Presiden AS. Mobil ini dibuat dengan harga dasar USD251.417.

7. Malaysia (Maybach 62)

Perdana Menteri Malaysia menggunakan limusin Maybach 62. Untuk kali ini tampa embel-embel Mercedes Benz. Maybach dikenal semenjak lama sebagai produsen mobil bespoke supermewah.

Di interior, penumpang dimanjakan seperti berada di rumah pribadi, seperti meja dan tempat minuman. Namun fitur dan komponen keselamatan tetap nomor satu kalau mobil ini dipesan untuk mobil dinas kepresidenan. Harga dasarnya mencapai USD400 ribu.

6. UK (Jaguar XJ Sentinel)

Perdana Menteri Inggris menggunakan Jaguar XJ Sentinel. Dalam hal keamanan, Jaguar juga menerapkan standar tinggi. XJ Sentinel sudah dimodifikasi untuk kebutuhan orang penting Inggris tersebut. Bodinya dibuat dari titanium, kevlar, dan pelat baja. Kaca jendela juga menggunakan bahan polycarbonate yang memberikan perlindungan masksimal dari tembakan peluru. Tabung oksigen juga tersedia di interior mobil untuk digunakan kalau ada serangan gas beracun. Perdana Menteri juga bisa melakukan teleconference dari mobil.

Berbeda dengan Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard yang menggunakan mesin 6 liter, maka Jaguar XJ Sentinel mengusung mesin 5 liter V8. Harga dasar mobil ini mencapai USD445.025.

Intip Harga Mobil-Mobil Kepresidenan di Berbagai Negara (1)
Loading...

Comments