Internet Lemot, Belum Tentu Salah Koneksi

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Internet Lemot, Belum Tentu Salah Koneksi

Internet Lemot, Belum Tentu Salah Koneksi

KEPONEWS.COM - Internet Lemot, Belum Tentu Salah Koneksi Ketika sedang asyik bermain game atau menonton video streaming dan tiba-tiba koneksi melambat, pasti otomatis yang disalahkan pertama kali merupakan koneksi internet. Padahal, belum tentu hal itu...

Ketika sedang asyik bermain game atau menonton video streaming dan tiba-tiba koneksi melambat, pasti otomatis yang disalahkan pertama kali merupakan koneksi internet. Padahal, belum tentu hal itu penyebabnya.

Penyebab internet lemot itu banyak, mulai dari infrastruktur internet, interferensi jaringan, penggunaan data, traffic yang tinggi, hingga faktor pemilihan perangkat dan kerusakan perangkat.

Perangkat bahkan memegang peranan yang tidak kalah penting dari koneksi internet, dalam menyediakan bandwith yang dibutuhkan pengguna untuk berselancar di dunia maya. Apabila salah memilih, maka bisa saja efek lemot akan terus dialami.

Google Indonesia Siap Kenakan Pajak 10 Persen
Dilansir dari keterangan resmi TP-Link, Selasa 30 Juni 2020, hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih perangkat untuk distribusi jaringan intranet adalah menghitung jumlah bandwidth yang tersedia dengan jumlah perangkat yang akan menggunakannya.

Sebagai contoh, bila penggunaan paket internet 10 Mbps dibagi untuk 10 perangkat, maka secara teori masing-masing akan mendapat bandwith 1 Mbps. Kalau kecepatan internet yang didapat dari penyedia kurang dari 100 Mbps, maka bisa memilih router dengan koneksi Local Area Network 100.

Berbeda jikalau bandwith internet yang digunakan lebih dari 1.000 Mbps, maka router harus mempunyai spesifikasi gigabit ethernet. Hal ini untuk memastikan, tidak ada hambatan yang terjadi saat penyaluran data.

Perlu diperhatikan juga spesifikasi dari peranti yang digunakan. Akan jadi kesalahan besar, apabila memakai router kelas pemula untuk keperluan di kantor dengan jumlah koneksi yang mencapai puluhan unit.
Router untuk penggunaan di rumah

Contohnya, aktivitas online ringan seperti browsing, bermain sosmed, download dan chatting dapat memakai router entry level seperti TL-WR840N. Tapi, kalau sudah bermain game maka disarankan memakai produk Archer/Deco.

Router high power seperti TL-WR841HP dan Archer C58HP atau kombinasi router dengan extender seperti Archer C60 dan RE450, cocok digunakan untuk area yang luas dan banyak dinding tebal. Bila ingin all in one solution, maka Mesh Router seperti Deco E4 dan Deco M5 bisa jadi pilihan.

Comments