Instruktur Safety Driving Sebut Bahu Jalan Neraka bagi Pengemudi Ngebut

Otomotif

News / Otomotif

Instruktur Safety Driving Sebut Bahu Jalan Neraka bagi Pengemudi Ngebut

Instruktur Safety Driving Sebut Bahu Jalan Neraka bagi Pengemudi Ngebut

KEPONEWS.COM - Instruktur Safety Driving Sebut Bahu Jalan Neraka bagi Pengemudi Ngebut JAKARTA - Kecelakaan mobil hatchback yang menghantam bagian samping truk kontainer menambah pengalaman terhadap besarnya risiko memasuki bahu jalan dengan kecepatan tinggi. Terkait fungsinya dari Pera...

JAKARTA - Kecelakaan mobil hatchback yang menghantam bagian samping truk kontainer menambah pengalaman terhadap besarnya risiko memasuki bahu jalan dengan kecepatan tinggi.

Terkait fungsinya dari Peraturan Pemerintah Nomor 15 2005 wacana jalan bebas hambatan, aturan yang boleh dan tidak dilakukan pada jalur tersebut, dijelaskan pada pasal 41 ayat 2.

Dimana penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut.

a. Digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat.

b. Diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

c. Tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan.

D. Tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan (atau) barang dan (atau) hewan.

Dalam aturan tersebut jelas disebutkan bahu jalan tidak diperuntukkan untuk mendahului kendaraan dalam kondisi apapun. Peristiwa kecelakaan di Tol Jakarta-Tangerang Km 21 arah Tangerang. Berdasarkan berita kepolisian terjadi karena pengemudi memakai bahu jalan untuk mendahului dan menabrak truk yang tengah berhenti darurat karena pecah ban.

Peristiwa kecelakaan tersebut menurut Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), sebagai faktor nekatnya pengemudi memakai bahu jalan untuk mendahului kendaraan lain dengan kecepatan tinggi.

"Sudah banyak terjadi peristiwa kecelakaan di bahu jalan, karena pengemudi mendahului kendaraan lain atau kondisi macet dengan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi," tegas Jusri, saat dihubungi Okezone, Jumat (14/9/2018).

Saat pengemudi melakukan hal tersebut, lanjut Jusri, memang banyak yang beruntung terlepas dari risiko kecelakaan, namun ada juga yang mengalami kecelakaan seperti yang terjadi di tol Tangerang.

"Saat mengemudi di jalan tol baiknya perilaku mendahului jangan pernah memakai bahu jalan, jaga kecepatan secara konstan saat mengemudi,"pungkas Jusri.

(muf)



Loading...

Comments