Inilah HP Pertama yang Dilengkapi Kamera!

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Inilah HP Pertama yang Dilengkapi Kamera!

Inilah HP Pertama yang Dilengkapi Kamera!

KEPONEWS.COM - Inilah HP Pertama yang Dilengkapi Kamera! Beragam ponsel jadul yang ada di Tanah Air. Tahukah kamu, apa HP pertama yang dilengkapi kamera? Ternyata bukan merek-merek yang populer saat ini. HP Kamera pertama ternyata juga jauh dari apa yang k...

Beragam ponsel jadul yang ada di Tanah Air.

Tahukah kamu, apa HP pertama yang dilengkapi kamera? Ternyata bukan merek-merek yang populer saat ini. HP Kamera pertama ternyata juga jauh dari apa yang kita dapatkan sekarang.

Sejumlah pabrikan smartphone sekarang telah menjadikan kamera sebagai fasilitas yang tak bisa dilepaskan. Dan pemakaiannya semakin meluas, tidak hanya untuk foto sekarang sampai video.

Dan perkembangan kamera HP makin pesat, dari resolusi yang makin besar bahkan ratusan piksel. Hingga jumlah kamera yang makin banyak dengan lensa yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana dengan kamera HP pertamanya yang pernah ada? Ternyata pabrikan pertama yang menhadirkan ponsel dengan fasilitas kamera ialah Kyocera, sebuah perusahaan asal Jepang.

Adalah Kyocera VP-210 yang diluncurkan pada Mei 1999 silam dinobatkan sebagai HP pertama yang dilengkapi kamera. Tentunya kamera yang diusung masihlah cukup ketinggalan dari yang sekarang.

Kyocera VP-210, HP pertama dengan kamera. (Android Authority)Kyocera VP-210, HP pertama dengan kamera. (Android Authority)

Dikutip HiTekno.com dari Android Authority, VP dalam HP ini merupakan singkatan dari Visual Phone. Yang mulai dipasarkan semenjak Mei 1999 silam, dengan menyematkan kamera di sisi depan.

Yup, posisi kamera di HP ini seperti disiapkan untuk melakukan selfie karena menghadap ke pengguna. Sensor yang digunakan kamera HP Kyocera VP-210 ini mempunyai resolusi 0,11 MP.

HP yang dihargai 40.000 yen saat itu mempunyai memori yang hanya bisa menyimpan 20 foto saja. Dan tidak mempunyai tambahan memori atau eksternal memori, semua disimpan di internal.

Kyocera VP-210, HP pertama dengan kamera. (wikipedia commons/ Morio)Kyocera VP-210, HP pertama dengan kamera. (wikipedia commons/ Morio)

Lalu pada Juni 2000, Samsung meluncurkan pesaingnya. Adalah Samsung SCH-V200 yang mengusung kamera HP di sisi belakang, dengan memanfaatkan sensor 0,35 MP dan memakai layar TFT LCD 1,5 inci.

Namun jauh sebelum Kyocera dan Samsung, sudah ada lainnya yang mempunyai konsep memasukkan kamera ke gadget. Namun masih dalam wujud prototipe, belum untuk dipasarkan.

Samsung SCH-V200. (GSM Arena)Samsung SCH-V200. (GSM Arena)

Adalah pada 1993, Daniel A. Henderson mengenalkan dua prototipe perangkan weiles yang dilengkapi fasilitas perepsanan dan mempunyai kamera. Lalu 1995 ada desain videophone dari Apple yang tidak jadi dirilis.

Lalu pada 1997, ada MacGyvered atas permintaan Philipe Kahn memodifikasi kamera digital poket Casio QV-10 untuk dihubungkan ke HP Motorola StarTac agar bisa memotret anaknya yang baru lahir untuk disebarkan ke keluarga.

Walau sudah banyak konsep kamera HP, namun masih dalam wujud prototipe dan konsep. Namun tetap saja Kyocera VP-210 yang meluncur ke pasaran seabgai HP pertama yang dilengkapi kamera.

Comments