Inilah Harmony OS dari Huawei, Bisa Gantikan Android?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Inilah Harmony OS dari Huawei, Bisa Gantikan Android?

Inilah Harmony OS dari Huawei, Bisa Gantikan Android?

KEPONEWS.COM - Inilah Harmony OS dari Huawei, Bisa Gantikan Android? Logo Huawei. (Huawei) Setelah ramai dinanti-nantikan, akhirnya sistem operasi baru dari Huawei dipamerkan ke publik juga. Hari ini, Jumat (9/8/2019) Huawei mengungkap Harmony OS. Sistem operasi Harmo...

Logo Huawei. (Huawei)

Setelah ramai dinanti-nantikan, akhirnya sistem operasi baru dari Huawei dipamerkan ke publik juga. Hari ini, Jumat (9/8/2019) Huawei mengungkap Harmony OS.

Sistem operasi Harmony OS awalnya dikenal sebagai HongMeng di China. Namun kini akhirnya dikenalkan secara global oleh Huawei.

Harmony OS diklaim sebagai sistem operasi yang bisa menggantikan Android buatan Google. Seperti apa sistem operasi baru Huawei ini?

Kepala grup usaha konsumen Huawei, Richard Yu, mengatakan sistem operasi baru itu akan disebut Hongmeng OS di China, tetapi di luar negeri akan dinamai Harmony OS.

"Kami ingin memberikan harmoni yang lebih besar ke seluruh dunia," kata Yu seperti dilansir New York Times.

Yu mengatakan sistem operasi Harmony OS bisa digunakan di banyak sekali perangkat buatan Huawei, mulai dari ponsel, speaker cerdas, hingga sensor-sensor pada perangkat Internet of Things.

Harmony OS awalnya akan digunakan pada televisi cerdas Huawei pada tahun ini. Dalam tiga tahun ke depan, Harmony OS akan juga digelar ke perangkat lain. Sistem operasi ini awalnya akan diluncurkan di China, sebelum disediakan di seluruh dunia.

Huawei, pada Jumat (9/8/2019), meluncurkan sistem operasi Harmony OS yang bisa menggantikan Android. [Twitter/Huawei]Huawei, pada Jumat (9/8/2019), meluncurkan sistem operasi Harmony OS yang bisa menggantikan Android. [Twitter/Huawei]

Meski sudah meluncurkan Harmony OS, ponsel-ponsel Huawei saat ini masih akan mengandalkan otak Android buatan Google. Tetapi bukan tak mungkin, kalau terus ditekan Amerika Serikat, Huawei akan meninggalkan Android.

Rumor wacana sistem operasi Huawei berembus kencang beberapa waktu belakangan, setelah pemerintah AS melarang perusahaan-perusahaan di dalam negerinya, termasuk Google, berhubungan dengan Huawei.

Karena kebijakan AS itu, ponsel-ponsel Huawei terancam tak bisa memakai sistem operasi Android.

Itulah Harmony OS, sistem operasi baru Huawei yang telah resmi dikenalkan kepada publik. Akankah bisa mengalahkan Android? ( Liberty Jemadu).

Comments