Inilah Beberapa Alasan Mengapa Seseorang Bisa Mendadak Jadi Pelupa

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Inilah Beberapa Alasan Mengapa Seseorang Bisa Mendadak Jadi Pelupa

Inilah Beberapa Alasan Mengapa Seseorang Bisa Mendadak Jadi Pelupa

KEPONEWS.COM - Inilah Beberapa Alasan Mengapa Seseorang Bisa Mendadak Jadi Pelupa Otak merupakan merupakan tempat penyimpanan memori terbesar di dunia dengan kapasitas yang tidak terbatas. Di bagian organ inilah sejumlah ingatan manusia terbentuk dan tersimpan dari awal ia hidup hi...

Otak merupakan merupakan tempat penyimpanan memori terbesar di dunia dengan kapasitas yang tidak terbatas. Di bagian organ inilah sejumlah ingatan manusia terbentuk dan tersimpan dari awal ia hidup hingga pada akhirnya meninggal. Namun, meski otak ialah tempat penyimpan memori segala macam ingatan terbesar sejagad raya, tetap saja yang namanya manusia juga pasti tidak pernah luput dari yang sering disebut dengan lupa. Meski lupa merupakan merupakan hal yang manusiawi, namun tetap saja hidup bersama orang orang yang mudah lupa ialah merupakan hal yang paling menyebalkan. Nah membahas wacana masalah sering lupa, berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa seseorang bisa jadi pelupa.

1. Berita Tidak Tersimpan di Memori Jangka Panjang Informasi Tidak Tersimpan di Memori Jangka Panjang

Berita Tidak Tersimpan di Memori Jangka Panjang [ image source ]

Tempat penyimpanan di otak ternyata terbagi menjadi dua bagian, yaitu penyimpanan jangka panjang dan penyimpanan jangka pendek. Nah salah satu alasan mengapa ada orang yang mudah sekali lupa ialah karena berita yang di dapat tidak terproses dan tersimpan dengan benar di dalam memori jangka panjang otak. Sedangkan berita yang masuk kedalam penyimpanan jangka pendek sangatrentan sekali terhapus.

2. Tergantikannya Berita Lama Dengan Berita Baru Tergantikannya Informasi Lama Dengan Informasi Baru

Tergantikannya Berita Lama Dengan Berita Baru [ image source ]

Hal paling sering umum ditemui yang menjadi penyebab orang mudah melupakan sesuatu ialah ketika ia terlena dengan berita baru yang lebih menarik. Fenomena lupa yang seperti ini sering juga disebut dengan Decay Theory, dimana menurut teori ini setiap ingatan akan dibuat ketika ada berita baru terekam. Namun semua berita akan mulai memudar dan hilang terganti dengan yang baru jikalau berita sebelumnya tidak lagi pernah di ingat-ingat.

3. Kesamaan Berita Yang Baru Masuk ke Otak Kesamaan Informasi Yang Baru Masuk ke Otak

Kesamaan Berita Yang Baru Masuk ke Otak [ image source ]

Selain decay theor, masih ada algi teori yang berkaitan dengan ingatan, yaitu Interference theory yang memaparkan wacana tempat penyimpanan ingatan manusia seolah saling bersaing. Hal semacam ini biasanya terjadi saat manusia mendapatkan berita yang sangat mirip dengan berita lainnya yang telah lebih dulu tersimpan. Dengan begitu, berita yang mirip ini akan mempertahankan dirinya masing-masing perihal siapa yang akan disimpan dalam penyimpanan jangka panjang, pendek tau yang akan di buang.

4. Berita Yang Hilang Dengan Sendirinya Informasi Yang Hilang Dengan Sendirinya

Berita Yang Hilang Dengan Sendirinya [ image source ]

Otak manusia adala merupakan organ yang dapat bekerja secara aktif untuk melupakan segala macam hal seperti kenangan, pengalaman, atau yang traumatis berkat adanya sistem neurotransmitter cannabinoid yang berperan dalam menunjang kerja syaraf sensoris. Tugas utamanya tentu merupakan untuk memusatkan perhatian berita pada saat ini, bukan pada masa lalu. Dengan begitu lama-lama bentuk ingatan yang traumatis atau tidak relevan akan terkubur meski sebagian tidak akan hilang sepenuhnya.

5. Cara Untuk Menjaga Agar Tidak Gampang Lupa Cara Untuk Menjaga Agar Tidak Gampang Lupa

Cara Untuk Menjaga Agar Tidak Gampang Lupa [ image source ]

Sekali lagi lupa merupakan merupakan kondisi alamiah yang sering terjadi pada manusia. Semua itu terjadi karena kemampuan otak manusia mempunyai keterbatasan masing-masing dalam kerjanya menyimpan memori yang terekam. Namun tahukah kamu bahwa otak manusia bisa dilatih agar bisa meningkatkan daya ingat. Salah satu cara paling mudahnya merupakan dengan cara selalu mencatat kegiatan apapun itu dan mecoba membacanya kembali sembari mengulas kembali hal yang telah terjadi sebelumnya.

Comments