Inilah Bangunan Kayu Tertinggi di Dunia, Berani Coba?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Inilah Bangunan Kayu Tertinggi di Dunia, Berani Coba?

Inilah Bangunan Kayu Tertinggi di Dunia, Berani Coba?

KEPONEWS.COM - Inilah Bangunan Kayu Tertinggi di Dunia, Berani Coba? Mj st rnet dinobatkan sebagai bangunan kayu tertinggi di dunia. (Moelven) Kita sering melihat gedung pencakar langit yang terbuat dari beton dengan wujud yang sangat kokoh. Namun itu berbeda dengan b...

Mj st rnet dinobatkan sebagai bangunan kayu tertinggi di dunia. (Moelven)

Kita sering melihat gedung pencakar langit yang terbuat dari beton dengan wujud yang sangat kokoh. Namun itu berbeda dengan bangunan yang satu ini, bangunan kayu tertinggi di dunia akhirnya resmi dibuka untuk publik.

Bangunan yang diberi nama Mj st rnet ini terleat di pusat Norwegia, sebuah bangunan dengan struktur kayu setinggi 280 kaki atau 85,3 meter.

Mj st rnet mempunyai 18 lantai dan di dalamnya mencakup hotel, restoran, kantor, dan apartemen.

Para arsitek yang merancang bangunan ini sebenarnya tidak berambisi untuk mencetak rekor. Namun mereka menginginkan sebuah bangunan yang kelak akan menjadi bangunan masa depan.

Di seluruh dunia, bangunan menghasilkan sekitar 40 persen dari seluruh emisi karbon dioksida.

Peneliti dan arsitek percaya bahwa bangunan kayu dapat menekan emisi karena kayu menyimpan CO2 selama siklus hidupnya, tidak ada lagi emisi yang dilepaskan.

Proses pembangunan bangunan kayu tertinggi di dunia. (Moelven)Proses pembangunan bangunan kayu tertinggi di dunia. (Moelven)

Bagaimana tidak memecahkan rekor, bangunan Mj st rnet mempunyai luas 11.330 meter persegi dengan desain yang sangat menakjubkan.

Keseluruhan struktur bangunan memakai balok kayu berukuran besar sehingga nampak sangat elok.

Mj st rnet terletak di sebuah kota kecil Brumunddal di Norwegia tengah, dekat danau terbesar di negara tersebut.

Bangunan terdiri dari sumber daya terbarukan lokal yang disusun oleh perusahaan konstruksi kayu, Moelven.

Tangga di bangunan kayu tertinggi di dunia terlihat sangat cantik. (Voll Arkitekter)Tangga di bangunan kayu tertinggi di dunia terlihat sangat cantik. (Voll Arkitekter)

Mj st rnet dimiliki oleh AB Invest dan dirancang oleh arsitek Voll Arkitekter. Untuk membangun Mj st rnet, perusahaan memakai balok kayu glulam dan laminasi.

Kedua kayu tersebut cukup kuat untuk menggantikan beton dan baja yang disinyalir penuh dengan emisi karbon.

Kepala eksekutif Moelven, Rune Abrahamsen mengatakan bahwa bangunan dengan struktur sepenuhnya dari kayu ini sangat menarik.

''Hal yang paling menggairahkan saya ialah bahwa semua muatan horizontal dan vertikal pada bangunan ditangani oleh struktur kayu,'' kata Abrahamsen dikutip dari Architectural Digest.

Namun bangunan ini nampaknya hanya akan memegang rekor selama beberapa tahun. Pasalnya, sebuah bangunan berstruktur kayu dengan tinggi sekitar 1.148 kaki atau 350 meter, 70 lantai telah diusulkan di Tokyo, Jepang.

Terlepas dari rekor yang akan terlepas, namun Mj st rnet akan menginspirasi banyak bangunan kayu lainnya yang akan menjadi bangunan masa depan.

Comments