Ini Yang Terjadi Jika Matahari Menghilang Selama Seminggu

Unik

Ragam / Unik

Ini Yang Terjadi Jika Matahari Menghilang Selama Seminggu

Ini Yang Terjadi Jika Matahari Menghilang Selama Seminggu

KEPONEWS.COM - Ini Yang Terjadi Jika Matahari Menghilang Selama Seminggu Matahari bisa disebut sebagai sumber kehidupan semua makhluk hidup di bumi. Dengan adanya matahari, bumi kita ini jadi terang di siang hari. Sinar matahari juga berperan penting dalam kelangsungan hid...


Matahari bisa disebut sebagai sumber kehidupan semua makhluk hidup di bumi. Dengan adanya matahari, bumi kita ini jadi terang di siang hari. Sinar matahari juga berperan penting dalam kelangsungan hidup tumbuhan dan juga manusia.

Namun apa yang akan terjadi jikalau seandainya matahari tiba-tiba menghilang dalam seminggu? Kejadian matahari menghilang pasti dialami setiap belahan dunia ketika malam hari, tapi itu hanya beberapa jam saja sebelum sinar matahari muncul kembali.

Tapi apa jadinya bila seandainya matahari menghilang begitu saja, kira-kira apa yang akan terjadi pada bumi jikalau ditinggalkan matahari selama satu minggu saja? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Science How Stuff Works.

1. Suhu jadi sangat dingin


Hal pertama yang pasti terjadi apabila matahari menghilang yaitu bumi akan menjadi gelap gulita dan suhu jadi dingin. Meskipun begitu, bumi tetap terus berputar pada porosnya walaupun tanpa adanya matahari.

Suhu bumi akan turun menjadi sekitar 0 derajat Fahrenheit jikalau matahari tidak muncul selama seminggu. Dengan suhu begitu, tentu udara akan terasa sangat dingin, namun hal itu belum cukup untuk membekukan manusia atau makhluk hidup lainnya.

2. Sumber makanan hilang


Tidak ada matahari berarti tidak akan ada fotosintesis, proses dimana tanaman mengubah sinar matahari menjadi energi. Bila tanaman tidak bisa berfotosintesis, maka tanaman akan layu dan mati yang berarti hewan akan kehilangan makanannya.

Dalam kata lain, manusia akan kehilangan sumber makanan yang sebagian besar berasal dari tumbuhan dan daging.

3. Bumi melayang tanpa orbit


Dan dampak terbesar dari menghilangnya matahari dalam seminggu bukan berada di permukaan bumi, melainkan di luar angkasa. Pada ketika yang sama bumi terus berputar dan ia juga mengorbit mengelilingi matahari.

Matahari memberikan tarikan gravitasi pada semua planet di tata surya kita. Tanpa gravitasi tentu planet hanya akan melayang tanpa orbit dengan kemungkinan akan menabrak komet, meteor ataupun planet lainnya.

Comments