Ini Tugas yang Akan Diemban Putera Puteri Maritim 2018

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Ini Tugas yang Akan Diemban Putera Puteri Maritim 2018

Ini Tugas yang Akan Diemban Putera Puteri Maritim 2018

KEPONEWS.COM - Ini Tugas yang Akan Diemban Putera Puteri Maritim 2018 INDONESIA mempunyai Putera dan Puteri Maritim yang baru tahun ini. Rian Kurniawan asal Sulawesi Selatan dan Luh Putu Inggita Santy dari Bali didapuk menjadi Putera Puteri Maritim Indonesia 2018 dalam...

INDONESIA mempunyai Putera dan Puteri Maritim yang baru tahun ini. Rian Kurniawan asal Sulawesi Selatan dan Luh Putu Inggita Santy dari Bali didapuk menjadi Putera Puteri Maritim Indonesia 2018 dalam grand final yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin malam, 1 Oktober 2018.

Acara dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Pariwisata RI Arief Yahya didampingi Ketua Yayasan Putera Puteri Maritim Indonesia, Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno.

Pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia (PPMI) tahun ini mengambil tema "Dengan Berwawasan Budaya Indonesia, Putera Puteri Maritim Indonesia Siap Mewujudkan Keberadaan NKRI Sebagai Negara Maritim", yang bertujuan meningkatkan peran serta generasi muda dalam pembangunan maritim di Indonesia.

(Setelah Kuku Bentuk Semut dan Gigi, Kini Ada Pedikur Gaya Sepatu Aladin)

Putera Puteri Maritim Indonesia 2018 juga diharapkan dapat membantu dan mendorong dalam mengembalikan kejayaan dan keberadaan maritim bangsa Indonesia di masa lampau.

Kita tahu Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, 75 persen negara Indonesia terdiri dari laut. Walaupun agak terlambat dalam memperbesar kekayaan kelautan Indonesia, Presiden Jokowi mendorong kita sebagai negara maritim yang hebat, kata Luhut Binsar Panjaitan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap Putera Puteri Maritim Indonesia tidak hanya mempunyai pengetahuan di bidang kelautan dan industri, tapi juga pengetahuan wacana pariwisata, yang bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia khususnya melalui Industri wisata bahari.

(Seniman Ini Gunakan 'Eek' Rusa Ciptakan Karya Seni yang Kreatif, Jangan Jijik Lihatnya!)

Pada 2019, melalui wisata bahari seperti keindahan pantai, lokasi surfing, diving, dan sebagainya ditargetkan bisa mendatangkan 4 juta wisatawan mancanegara (wisman). Apalagi, saat ini cruise dan yacht mulai ramai datang ke Indonesia karena di dukung oleh kebijakan pemerintah.

Arief memaparkan, wisman tertarik berkunjung ke Indonesia karena potensi yang dimiliki berupa alam (nature) sebesar 35%, budaya (culture) 60%, dan manmade 5%. Potensi alam sebesar 35% kita kembangkan sebagai wisata bahari (marine tourism) 35%; wisata ekologi (eco tourism) 45%; dan wisata petualangan (adventure tourism) 20% di dalamnya termasuk geopark, kata Menpar Arief Yahya.

Ketua Yayasan Putera Puteri Maritim Indonesia, Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, sebanyak 68 peserta dari 28 Provinsi di Indonesia akan diberikan pembekalan agar menjadi Duta Maritim yang mumpuni, terpercaya dan mempunyai integritas kepada NKRI.

PPMI bertujuan untuk meningkatkan peran generasi muda dalam melanjutkan usaha bangsa Indonesia demi mengembalikan kejayaan maritim Indonesia, pungkasnya.

(tam)

Comments