Ini Tips Dapatkan Jam Tidur Sehat Kembali

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Ini Tips Dapatkan Jam Tidur Sehat Kembali

Ini Tips Dapatkan Jam Tidur Sehat Kembali

KEPONEWS.COM - Ini Tips Dapatkan Jam Tidur Sehat Kembali Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine menemukan bahwa membuat empat perubahan gaya hidup setiap hari dapat membantu mengembalikan jam tidur yang sehat pada seseorang. Jam tid...

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine menemukan bahwa membuat empat perubahan gaya hidup setiap hari dapat membantu mengembalikan jam tidur yang sehat pada seseorang. Jam tidur seseorang dapat berubah karena beberapa faktor antara lain kebiasaan yang berubah, merasa tertekan, dan galau.

Mengembalikan jam tidur yang normal dan sesuai dengan ritme sirkadian dapat membuat Kamu lebih bahagia dan sehat secara keseluruhan. Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Birmingham dan Surrey di Inggris dan Monash University, Australia.

Tidur sehat

(Foto: Daily Express)

Berikut ini tips untuk mengembalikan jam tidur yang sehat bagi Kamu. Mari simak informasinya seperti dilansir New York Post, Selasa (18/6/2019).

Bangun Lebih Awal

Bangun dua hingga tiga jam lebih awal dari biasanya dan memaksimalkan pencahayaan luar ruangan di pagi hari. Ini bisa jadi langkah pertama yang bisa Kamu lakukan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya mengurangi produksi hormon melatonin yang merangsang tidur. Jadi, membuka tirai Kamu untuk membiarkan matahari masuk, sarapan di teras, atau dekat jendela dapat memberikan dorongan semangat di pagi hari. Ditambah, bangun pagi lebih awal dapat membantu Kamu merasa mengantuk lebih awal pada malam hari.

Padamkan Lampu Kamar

Di malam hari ketika Kamu ingin terlelap, batasilah paparan cahaya dari lampu kamar maupun gadget selama dua hingga tiga jam sebelum tidur. Ini berfungsi meningkatkan kadar melatonin dan memberi isyarat pada tubuh Kamu bahwa inilah saatnya untuk melepas lelah.

Disiplin dengan Jadwal

Cara untuk menjaga jam tidur agar tetap normal dan sehat ialah disiplin dengan jadwal tidur Kamu setiap hari, tidak peduli apakah itu hari kerja atau libur.

Atur Jam Makan Kamu

Pola makan Kamu rupanya juga berpengaruh pada pola tidur. Oleh alasannya adalah itu, demi menjaga jam tidur tetap normal, Kamu bisa mengonsumsi sarapan sesegera mungkin setelah bangun tidur. Makan siang pada waktu yang sama setiap hari, dan jangan makan malam setelah jam 19.00 WIB.

Selain itu, hindarilah mengonsumsi kafein setelah jam 15.00 WIB. Selamat mencoba, semoga Kamu berhasil!

(ful)

Comments