Ini Risiko Menopause Dini bagi Perempuan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ini Risiko Menopause Dini bagi Perempuan

Ini Risiko Menopause Dini bagi Perempuan

KEPONEWS.COM - Ini Risiko Menopause Dini bagi Perempuan Perempuan yang mengalami menopause dini, hampir tiga kali lebih besar kemungkinannya mengalami beberapa masalah medis kronis pada usia enam puluhan dibandingkan perempuan yang mengalami transisi pada...

Perempuan yang mengalami menopause dini, hampir tiga kali lebih besar kemungkinannya mengalami beberapa masalah medis kronis pada usia enam puluhan dibandingkan perempuan yang mengalami transisi pada usia 50 atau 51 tahun.

Di negara-negara maju, sepertiga dari kehidupan perempuan terungkap setelah menopause. Penelitian sebelumnya menunjukkan menopause dini pada usia 40 tahun atau lebih muda, dikaitkan dengan risiko kelak akan mengalami satu masalah medis seperti penyakit jantung dan diabetes.

menopause

Namun studi baru yang diterbitkan dalam jurnal medis, Human Reproduction, pertama kalinya mengamati kaitan antara waktu menopause alami dan timbulnya beberapa masalah medis, yang dikenal sebagai multimorbiditas. Ini menurut para penulis studi.

Seperti dilansir AFP, data tersebut diambil dari 5.100 lebih perempuan yang terdaftar dalam survei kesehatan nasional Australia.

Para perempuan itu melaporkan setiap tiga tahun sekali dari 1996 hingga 2016 apakah mereka telah didiagnosis menderita salah satu dari 11 penyakit, termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, radang sendi, osteoporosis, asma, depresi, kecemasan, atau kanker payudara.

Multimorbiditas didefinisikan mempunyai dua atau lebih penyakit-penyakit tersebut pada saat yang bersamaan.

Perempuan dianggap telah memasuki menopause alami setelah 12 bulan tidak datang bulan. Setelah 20 tahun, separuh lebih dari 2,3 persen perempuan yang mengalami menopause dini juga mengalami multimorbiditas.

Selanjutnya

Comments