Ini Rasanya Jadi Penambang Emas Sehari di Australia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Ini Rasanya Jadi Penambang Emas Sehari di Australia

Ini Rasanya Jadi Penambang Emas Sehari di Australia

KEPONEWS.COM - Ini Rasanya Jadi Penambang Emas Sehari di Australia Ballarat - Era penambangan emas memang sudah tidak eksis lagi. Namun di Sovereign Hill Ballarat, Australia, kamu bisa coba jadi penambang emas sehari.Atas undangan dari Garuda Indonesia dan Tourism Au...

Ballarat - Era penambangan emas memang sudah tidak eksis lagi. Namun di Sovereign Hill Ballarat, Australia, kamu bisa coba jadi penambang emas sehari.

Atas undangan dari Garuda Indonesia dan Tourism Australia, detikTravel berkesempatan mampir ke museum tambang terbuka kenamaan di Ballarat beberapa waktu lalu. Ya, apalagi kalau bukan Sovereign Hill.

Di kalangan wisatawan, nama Sovereign Hill menjadi salah satu destinasi wisata populer yang umum didatangi saat singgah ke Negara Bagian Victoria.

Zaman dulu, Sovereign Hill di Ballarat memang lekat dengan sejarah tambang emas di Australia. Tidak sedikit orang yang datang ke Ballarat untuk mengadu nasib sebagai penambang emas.

"Dulu Ballarat dikenal sebagai ibukota emas dunia, sekitar 90% emas berasal dari sini," ujar pemandu detikTravel yang bernama Momo.

Sovereign Hill merupakan museum tambang terbuka (Randy/detikTravel)Sovereign Hill merupakan museum tambang terbuka (Randy/detikTravel) Kemeriahan demam emas kala itu pun masih dapat dirasakan langsung oleh traveler di Sovereign Hill. Soalnya, suasana di sana dirancang sedemikian rupa dan merepresentasikan situasi saat itu.

Sederet bangunan berbahan kayu lengkap dengan tulisan besar jadul pun menghiasi sudut-sudut Sovereign Hill. Suasana jadul pun kian nyata dengan kehadiran para petugas dalam balutan pakaian era Victoria.

Agar makin nyata seperti di masa lalu, detikTravel pun sempat mencoba foto kostum bertema tambang di salah satu area museum. Dengan merogoh kocek sekitar 38 AUD atau sekitar Rp 400 ribu, traveler bisa berfoto ala penambang hingga juragan emas di masa lalu. Seru deh!

Kru Sovereign Hill yang berpakaian ala tahun 80-an (Randy/detikTravel)Kru Sovereign Hill yang berpakaian ala tahun 80-an (Randy/detikTravel) Selain foto kostum, traveler pun bisa mencoba masuk ke dalam bekas tambang dengan kedalaman 1.100 meter. Namun tentu saja traveler tidak masuk sedalam itu, melainkan hanya beberapa tingkat saja di bawah tanah.

Puas melihat suasana di dalam tambang, traveler juga bisa mencoba berkeliling Sovereign Hill menggunakan delman yang khusus disediakan pihak pengelola.

Bisa lihat proses pengolahan emas juga (Randy/detikTravel)Bisa lihat proses pengolahan emas juga (Randy/detikTravel) Agar semakin melengkapi pengalaman jadi penambang sehari, tersedia juga show pembuatan emas yang benar-benar diolah secara manual. Traveler bisa melihat proses pengolahan biji emas hingga jadi emas batangan persis di depan mata.

Apabila tertarik jadi penambang emas sehari, harga tiket masuk Sovereign Hill untuk satu orang dewasa ialah AUD 55,50 atau sekitar Rp 588 ribu. Jikalau membawa anak-anak, ada baiknya memilih tiket keluarga yang lebih murah.

(bnl/bnl)

Comments