Ini Rahasia yang Boleh dan Tidak Boleh Disimpan dari Pasangan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ini Rahasia yang Boleh dan Tidak Boleh Disimpan dari Pasangan

Ini Rahasia yang Boleh dan Tidak Boleh Disimpan dari Pasangan

KEPONEWS.COM - Ini Rahasia yang Boleh dan Tidak Boleh Disimpan dari Pasangan Alasan yang biasanya mendasari seseorang merahasiakan sesuatu dari pasangannya merupakan takut melihat reaksi emosi pasangan bila mengetahui rahasia tersebut. Ini banyak terjadi pada pria karena merek...

Alasan yang biasanya mendasari seseorang merahasiakan sesuatu dari pasangannya merupakan takut melihat reaksi emosi pasangan bila mengetahui rahasia tersebut. Ini banyak terjadi pada pria karena mereka cenderung ingin menghindari konflik, Rizal berpendapat.

Merahasiakan sesuatu dari pasangan kita tentu mempunyai risikonya sendiri. Rizal memaparkan, apa pun yang Kamu simpan itu cepat atau lambat bisa saja terungkap baik dari orang lain atau orang terdekat dan pada akhirnya malah bisa menyakiti pasangan.

Jikalau menginginkan sebuah hubungan yang berlandaskan rasa percaya, maka sebaiknya rahasia apa pun itu diungkapkan. Kalau suatu saat terungkap atau terlambat diketahui, misalnya di saat Kamu dan pasangan telah melangkah ke jenjang yang lebih serius seperti menikah, hal itu akan memengaruhi hubungan Kamu dengan pasangan atau dengan keluarga secara lebih luas, Rizal memperingatkan.

Rahasia Yang Boleh dan Tidak Boleh Disimpan

Meski sebuah rahasia dapat memengaruhi hubungan antar individu, Rizal memberi tahu bahwa ada rahasia yang boleh kita simpan sendiri, adalah rahasia masa lalu yang tidak berpengaruh pada kehidupan dan hubungan Kamu dengan si Dia, baik di masa sekarang maupun masa depan. Misalnya rahasia di masa kanak-kanak yang konyol, seperti mengompol atau cerita cinta di masa lalu.

Tidak perlu memberitahu jumlah mantan, TTM (Sahabat Tapi Mesra). Tidak perlu juga menceritakan secara detail apa yang Kamu lakukan selama menjalin hubungan dengan mereka (para mantan). Tidak ada keuntungannya membuat pasangan kaget mendengar cerita Kamu. Belum lagi bila pasangan Kamu justru merasa dibanding-bandingkan dengan cinta di masa lalu, bilangnya.

Namun Rizal secara tegas mengingatkan, memang ada rahasia yang mau tidak mau harus diungkapkan kepada pasangan. Misalnya, perihal masa lalu yang masih dialami sampai sekarang dan mungkin berpengaruh pada masa depan. Contoh perihal masa lalu yang masih dialami sampai sekarang yaitu hutang, penyakit yang pernah dialami dan kekerasan seksual atau emosional yang menimbulkan stress berat, serta diduga dapat memengaruhi hubungan. Sedangkan contoh hal yang kini dialami dan mungkin berpengaruh di masa depan misalnya kemungkinan PHK, penyakit kronis yang hingga saat ini diderita, atau soal tambahan penghasilan, papar Rizal.

Kemudian hal yang paling krusial dari mengungkap sebuah rahasia ialah kapan waktu yang tepat dan bagaimana cara menyampaikannya kepada pasangan. Rizal mengatakan, ketika Kamu dan pasangan ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius seperti pernikahan, maka rahasia itu harus segera dikemukakan.

Hal pertama yang harus dilakukan merupakan mengatur waktu dan tempat yang nyaman. Hindari ruang publik yang terbuka dan ramai. Selanjutnya Kamu bisa memulai dengan mengatakan Apakah ada hal-hal yang ingin kamu ketahui wacana diri saya? . Setelah menceritakan rahasia tersebut, Kamu harus siap mendapatkan segala konsekuensinya, termasuk bila harus meminta maaf. Jangan bersikap defensif. Tunjukkan bahwa hal yang sudah terjadi tidak akan terulang lagi di masa depan, sarannya.

Rekomendasi

Ini Rahasia yang Boleh dan Tidak Boleh Disimpan dari Pasangan

Comments