Ini Proses Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ini Proses Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra

Ini Proses Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra

KEPONEWS.COM - Ini Proses Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra JAKARTA - Gerhana bulan penumbra akan terjadi pada 11 Januari 2020. Pada situs BMKG, terungkap proses terjadinya gerhana bulan penumbra. Fenomena gerhana ini dimulai pada pukul sekitar 00.05 WIB, lalu...

JAKARTA - Gerhana bulan penumbra akan terjadi pada 11 Januari 2020. Pada situs BMKG, terungkap proses terjadinya gerhana bulan penumbra.

Fenomena gerhana ini dimulai pada pukul sekitar 00.05 WIB, lalu mencapai puncak gerhana 02.10 WIB dan gerhana berakhir pada 04.14 WIB. Diketahui bahwa durasi gerhana dari fase gerhana mulai (P1) hingga Gerhana berakhir (P4) ialah 4 jam 08,7 menit.

Proses gerhana pada saat bulan terbit ini dapat diamati di Afrika bagian Barat, Samudera Atlantik, sebagian kecil Amerika bagian Timur Laut, dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian Timur.

Proses Gerhana pada saat bulan terbenam dapat diamati di Amerika Utara bagian Barat Laut, Samudera Pasifik bagian Barat, dan sebagian besar Australia bagian Timur. Sayang, Gerhana ini tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian Timur.

Gerhana bulan penumbra akan terjadi pada 11 Januari 2020.

Selanjutnya

Comments