Ini Penyebab Ponsel Meledak dan Cara Mencegahnya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ini Penyebab Ponsel Meledak dan Cara Mencegahnya

Ini Penyebab Ponsel Meledak dan Cara Mencegahnya

KEPONEWS.COM - Ini Penyebab Ponsel Meledak dan Cara Mencegahnya JAKARTA - Kejadian ponsel meledak beberapa kali terjadi. Biasanya disebabkan oleh baterai atau charger yang tidak sesuai. Kali ini Okezone akan membahas lebih lanjut penyebab ponsel meledak, berikut u...
Loading...

JAKARTA - Kejadian ponsel meledak beberapa kali terjadi. Biasanya disebabkan oleh baterai atau charger yang tidak sesuai. Kali ini Okezone akan membahas lebih lanjut penyebab ponsel meledak, berikut ulasannya seperti dilansir dari laman How to Geek, Selasa (3/12/2019).

Thermal Runaway Sebabkan Ponsel Meledak

Setiap baterai ponsel Lithium-ion meledak atau terbakar, baterai akan mengalami proses yang disebut thermal runaway. Baterai Lithium-ion mengandung satu ton sel Li-ion yang masing-masing selnya mempunyai titik didih.

Ketika titik didih tercapai karena panas eksternal, maka baterai mengalami kerusakan eksotermik. Pada dasarnya, sel itu sendiri mulai melepaskan satu ton panas.

Ini Penyebab Ponsel Meledak dan Cara Mencegahnya

Mencegah Ponsel Meledak

Untuk mencegah ponsel meledak, jangan pernah meninggalkan ponsel di dalam mobil. Pasalnya panas yang terlalu banyak dapat merusak baterai. Saat baterai Lithium-ion berada pada suhu tinggi, sel-selnya menjadi tidak stabil. Baterai akan memasuki gangguan eksotermik dan akan menghasilkan gas seperti oksigen dan karbon dioksida.

Gas-gas ini dapat menyebabkan baterai mengembang seperti balon, yang menciptakan energi yang dapat menyebabkan ledakan atau membahayakan struktur baterai.

Xiaomi Jual 10 Juta Ponsel Redmi Note 8 dan Note 8 Pro dalam Tiga Bulan

Selanjutnya
Loading...

Comments