Ini Penampakan Pohon Tropis Tertinggi di Dunia

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ini Penampakan Pohon Tropis Tertinggi di Dunia

Ini Penampakan Pohon Tropis Tertinggi di Dunia

KEPONEWS.COM - Ini Penampakan Pohon Tropis Tertinggi di Dunia Pohon tropis tertinggi di dunia. (YouTube/ Luke Malhi) Tak terlalu jauh, pohon tropis tertinggi di dunia ternyata berada di pulau Kalimantan. Ilmuwan yang meneliti mengungkapkan bahwa ukuran pohon te...

Pohon tropis tertinggi di dunia. (YouTube/ Luke Malhi)

Tak terlalu jauh, pohon tropis tertinggi di dunia ternyata berada di pulau Kalimantan. Ilmuwan yang meneliti mengungkapkan bahwa ukuran pohon tersebut sangat menakjubkan, menjulang setinggi 330 kaki atau 100,8 meter.

Jikalau panjang lapangan sepak bola untuk laga internasional saja mencapai 100 meter, berarti pohon tersebut berhasil melampauinya.

Gabungan para peneliti dari Inggris dan Malaysia baru saja melakukan penemuan mengenai pohon tropis tertinggi di dunia.

Pohon dikenal sebagai yellow meranti (Shorea faguetiana), anggota keluarga Dipterocarpaceae yang tumbuh subur di hutan hujan dataran rendah.

Para peneliti menemukan pohon tropis tertinggi di dunia ada pada hutan hujan di daerah Sabah, Malaysia.

Jikalau kita tidak terlalu suka menjelajahi hutan hujan tropis, santai saja karena ilmuwan sudah menyiapkan alternatif lainnya.

Batang pohon tropis tertinggi di dunia. (YouTube/ Luke Malhi)Batang pohon tropis tertinggi di dunia. (YouTube/ Luke Malhi)

Semua orang kini bisa melihat pohon tropis tertinggi di dunia melalui situs ini. Situs tersebut menyediakan sketsa 3D sehingga pengguna dapat melihat dari semua sisi pohon tersebut.

Ilmuwan memberi nama pohon tersebut sebagai Menara, sebuah bahasa melayu yang berarti tower atau bangunan yang sangat tinggi.

Dengan mempelajari Menara, peneliti berharap agar dapat memahami bagaimana pohon itu dapat tumbuh sangat tinggi.

Mereka juga akan meneliti lebih lanjut faktor apa saja yang menghambat pertumbuhannya.

Para peneliti dari Inggris dan Malaysia yang dibantu dengan Southeast Asia Rainforest Research Partnership (SARRP) melakukan penelitian semenjak Agustus 2018.

Mereka menemukan Menara dengan memakai teknologi LIDAR (Light Detection and Ranging).

LIDAR akan dibawa memakai pesawat sehingga menghasilkan peta topologi daerah yang dipindai dari laser yang ditembakkan dan dipantulkan kembali.

Dengan cara itu, peneliti dapat mengukur berapa ketinggian pohon sehingga menemukan Menara.

Dikutip dari Live Science, peneliti memperkirakan bahwa pohon itu mempunyai berat 81.500 kilogram dan mempunyai bentuk yang sangat simetris.

Bentuk tersebut memungkinkan Menara tumbuh sangat tinggi dan kokoh.

Penelitian belum berhenti, para ilmuwan akan meneliti lebih lanjut mengenai pohon tropis tertinggi di dunia untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memperkuatnya.

Comments