Ini Penampakan Janetes, Anggur Jenis Baru yang Namanya Mirip Cucu Jokowi

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Ini Penampakan Janetes, Anggur Jenis Baru yang Namanya Mirip Cucu Jokowi

Ini Penampakan Janetes, Anggur Jenis Baru yang Namanya Mirip Cucu Jokowi

KEPONEWS.COM - Ini Penampakan Janetes, Anggur Jenis Baru yang Namanya Mirip Cucu Jokowi PASURUAN Indonesia mempunyai anggur varietas baru dengan nama Janetes Sp1. Nama itu diberikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada anggur inovasi Badan Litbang Kementerian Pertanian. Nama te...
Loading...

PASURUAN Indonesia mempunyai anggur varietas baru dengan nama Janetes Sp1. Nama itu diberikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada anggur inovasi Badan Litbang Kementerian Pertanian.

Nama tersebut diberikan Syahrul saat acara Pencanangan Gerakan Nasional Pengembangan Mangga dan Anggur sebagai rangkaian acara Pekan Inovasi Mangga Nasional di Cukurgondang, Pasuruan, Jawa Timur.

Janetes tentu terdengar tidak asing. Ya, nama itu sama dengan cucu pertama Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Mentan: Sudah Dialihfungsikan, Tetap Akan Dihitung Lahan Sawah

Dalam bahasa Indonesia, menurut Syahrul, nama tersebut punya makna yang cocok dengan varietas unggul yang tengah dikembangkan Badan Litbang Pertanian.

Meski mengaku belum minta izin pada Presiden Jokowi, ia mengaku menyukai nama itu.

Dalam bahasa Jawa artinya sangat bagus, Jan berarti sangat, Ethes berarti cekatan, pas sekali. Ini varietas unggul, ke depannya varietas ini akan terus dikembangkan. Harapannya, anggur jenis ini akan meningkatkan produksi anggur dalam negeri, dan menjadi produk buah unggulan baru kita, ujar Syahrul, Jumat (15/11/2019).

mentan

Nama itu disematkan Syahrul usai merasakan langsung anggur berwarna hijau itu. Cita rasa anggur itu manis segar, tekstur daging buahnya krispi dan tidak terlalu berair.

Menurutnya nama tersebut pas sekali seperti cucu pertama Presiden Jokowi, Jan Ethes. Syahrul mengatakan, melihat cucu Presiden membuat banyak orang tersenyum dan bahagia. Anggur Janetes ini pun begitu, begitu dicicipi rasa manisnya bikin kita tersenyum dan bahagia, ungkap Syahrul.

Mentan Targetkan Tidak Ada Lagi Daerah Rentan Rawan Pangan dalam 1 Tahun

Sebelumnya Mentan bersyukur karena Indonesia mempunyai buah anggur varietas baru dan berharap ada anggur Janetes varietas selanjutnya, adalah Sp2 dan 3. Tentu kita harapkan terus kita kembangkan. Alhamdulilah kita punya varietas baru," ujarnya.

Kenapa namanya Janetes? Apakah Syahrul terinspirasi dari cucu pertama Presiden Joko Widodo alias Jokowi? Apa dia sudah minta izin pada Jokowi?

"Saya belum izin siapa-siapa. Janetes ini anggur tropis yang agak lain rasanya. Dia dalam pengembangan bisa punya daya saing," kata dia.

(kmj.-)

Comments