Ini Panduan Traveling dan Nonton Piala Dunia di Rusia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Ini Panduan Traveling dan Nonton Piala Dunia di Rusia

Ini Panduan Traveling dan Nonton Piala Dunia di Rusia

KEPONEWS.COM - Ini Panduan Traveling dan Nonton Piala Dunia di Rusia Moskow - Rusia jadi pusat perhatian dunia karena Piala Dunia 2018. Kalau kamu berencana ke ke sana untuk menonton pertandingan, inilah yang mesti kamu ketahui.detikTravel menyambangi Rusia beberapa wa...

Moskow - Rusia jadi pusat perhatian dunia karena Piala Dunia 2018. Kalau kamu berencana ke ke sana untuk menonton pertandingan, inilah yang mesti kamu ketahui.

detikTravel menyambangi Rusia beberapa waktu lalu. Selama 9 hari lamanya penulis mengunjungi beberapa kota di Rusia.

Kalau kamu mau ke Rusia juga untuk menonton Piala Dunia inilah tips-tips yang paling penting seperti disusun detikTravel Selasa (12/6/2018):

1. Apa yang perlu dipersiapkan?

Kremlin di Moskow, Rusia (Dina Rayanti/detikTravel)Kremlin di Moskow, Rusia (Dina Rayanti/detikTravel) Yang saya siapkan merupakan membeli tiket pesawat 6 bulan sebelum keberangkatan. Hal pertama ini pasti dilakukan dong. Selanjutnya merupakan mengurus visa di Kedubes Rusia di Jakarta.

Ini yang perlu diperhatikan saat mengurus visa, bahwa harus ada bukti bookingan hotel di Rusia. Buktinya berupa print out semua bookingan hotel yang akan dijadikan penginapan nanti di sana.

Lalu, kamu harus menyiapkan visa support. Masih dalam syarat membuat visa, visa support membuktikan bahwa kita akan tinggal di sana. Visa suport dapat diperoleh dari hotel atau agen perjalanan.

Pembuatan visa sendiri setidaknya sebulan sebelum keberangkatan dan pembuatannya bisa diwakilkan. Tarif pembuatan visa Rusia sebesar Rp 980 ribu. Saran dari saya, jikalau bikin visa setidaknya melebihkan waktu kunjungan untuk menghindari jikalau ada keadaan yang tidak diinginkan.

Kota St Petersburg, Rusia saat bersalju (Dina Rayanti/detikTravel)Kota St Petersburg, Rusia saat bersalju (Dina Rayanti/detikTravel)
2. Penerbangan ke Rusia

Tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Moskow. Saat itu, saya transit di Bangkok, Thailand selama 18 jam karena menaiki pesawat Thai Airways. Jikalau kamu beruntung seperti saya, belilah tiket pesawat jauh-jauh hari, contohnya saya mendapat tiket 6 bulan sebelumnya dengan harga promo Rp 5,8 juta untuk PP (pulang pergi) dari harga biasa sekitar 3 kali lipatnya.

Lama total perjalanannya sekitar 30 jam. Penerbangan ini saya tempuh dari Bandara Soekarno Hatta menuju Moskow Domodedovo dengan transit di Bangkok.

3. Menginap di Rusia

Tiba di Rusia, perjalanan saya selama 4 hari mengelilingi Kota Moskow, 3 hari di Kota Murmansk, dan 1 hari tanpa menginap di Kota St Petersburg. Traveler bisa menginap di hostel dengan harga semalamnya Rp 200 ribuan, banyak sekali di Moskow, akan lebih mudah mencari kalau memakai software online.

4. Masalah bahasa

Husky Farm di Kota Murmansk (Dina Rayanti/detikTravel)Husky Farm di Kota Murmansk (Dina Rayanti/detikTravel) Yang perlu kamu tahu perihal Kota Moskow, pertama ialah kota ini bisa di bilang tidak ramah turis. Sebagian besar warganya tidak bisa Bahasa Inggris. Pengalaman, saat di Bandara Domodedovo saya bertanya keberadaan money changer, oleh petugasnya malah diantar ke ATM.

Kesulitan ini juga yang akan terjadi tidak memakai tur guide saat ada di Moskow. Saat saya kereta bawah tanah dan jadi pembelajaran ialah banyaknya pemalak, apalagi kalau seperti orang resah.

Saran saya, download-lah software penerjemah yang bisa memakai kamera untuk menerjemahkan tulisan. Akan memudahkan pula bila kamu mencari makanan halal.

5. Makan dan belanja

Jikalau sarapan atau makan, hotel di sana juga menyediakan nasi. Kalau ingin belanja oleh-oleh di Moskow carilah supermarket karena harganya yang lebih murah dibanding di dekat destinasi wisata.

6. Berwisata di Rusia

Di Moskow,kamu bisa berkeliling ke Kremlin, Red Square, dan pusat ice skating di Rusia. Kalau saya, pergi juga ke Kota Murmansk. Inilah kota yang termasuk paling utara dunia karena berbatasan dengan Kutub Utara dan kamu bisa melihat pembiakan anjing husky dan memotret aurora di sini. Bandara Murmansk sendiri terbilang unik karena hanya memiliki 1 terminal.

Aurora dari Kota Murmansk (Dina Rayanti/detikTravel)Aurora dari Kota Murmansk (Dina Rayanti/detikTravel) Bagi saya, dari Indonesia, saat musim dingin semuanya terlihat putih. Di Kota Murmansk ini saya pakai jasa tur guide seharga Rp 2 juta, sudah termasuk dengan antar jemput dari hotel ke bandara dan sebaliknya.

Untuk kota-kota lain di Rusia yang menggelar pertandingan Piala Dunia 2018, semuanya memiliki objek wisata yang menarik, taman kota yang indah dan pedestrian yang enak buat jalan-jalan. Kamu bisa berwisata sebelum atau setelah pertandingan.

7. Masalah cuaca

Untuk gelaran Piala Dunia 2018, masalah cuaca juga mesti jadi perhatian. Meskipun masuk musim panas, suhunya cuma berkisar 20-25 derajat Celcius. Baju lengan panjang atau sweater bisa membantu kamu menyesuaikan diri dengan cuaca.

Sedia payung karena kadang-kadang terjadi hujan di musim panas. Pantau selalu software ramalan cuaca di ponsel kamu.

8. Gap budaya

Terakhir, kamu jangan kaget bila melihat orang Rusia itu saat melihat orang asing atau turis lebih seperti intimidatif. Kamu tak perlu mengembangkan senyum saat berpapasan dengan warga lokal karena bukan kebudayaan mereka seperti itu. Harus benar-benar riset sebelum berangkat agar mengenal medan karena tidak ada keterangan dalam Bahasa Inggris di sana. (msl/fay)


loading...

Comments