Ini Menu Makanan yang Bisa Bikin Pasien Hipertensi Lancar Puasa Ramadhan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ini Menu Makanan yang Bisa Bikin Pasien Hipertensi Lancar Puasa Ramadhan

Ini Menu Makanan yang Bisa Bikin Pasien Hipertensi Lancar Puasa Ramadhan

KEPONEWS.COM - Ini Menu Makanan yang Bisa Bikin Pasien Hipertensi Lancar Puasa Ramadhan PASIEN hipertensi atau darah tinggi kerap menanyakan makanan yang baik dikonsumsi ketika bulan puasa Ramadhan. Ini demi membuat mereka lancar menjalankan ibadah puasa tersebut. Makanan yang dikonsumsi...

PASIEN hipertensi atau darah tinggi kerap menanyakan makanan yang baik dikonsumsi ketika bulan puasa Ramadhan. Ini demi membuat mereka lancar menjalankan ibadah puasa tersebut. Makanan yang dikonsumsi memang menjadi perhatian para penderita hipertensi, alasannya adalah jikalau tidak diperhatikan akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih parah, salah satunya penyakit jantung.

Perubahan pola hidup dan konsumsi makanan pun disebut bisa membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke angka optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung. Nah, pasien hipertensi yang ingin menjalankan ibadah puasa bisa mulai mengonsumsi lima makanan sehat berikut, seperti dirangkum dari laman Healthline.

Segar dan Menyehatkan, 3 Minuman Khas Binjai Ini Cocok untuk Buka Puasa

1. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, di antaranya asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi yang melibatkan 2.195 orang berusia 40 hingga 59 tahun menemukan bahwa asupan wortel mentah secara signifikan dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

Wortel. (Foto: Freepik)

2. Seledri

Seledri ialah sayuran populer yang mungkin mempunyai efek positif pada tekanan darah. Ini mengandung senyawa yang disebut phthalides, dan dapat membantu mengendurkan pembuluh darah serta menurunkan tingkat tekanan darah.

Sebuah studi mengaitkan wortel mentah dengan penurunan tekanan darah dan menemukan bahwa di antara sayuran matang yang biasa dikonsumsi, seledri yang dimasak secara signifikan bisa menurunkan tekanan darah.

Bolehkah Makan Gorengan saat Buka Puasa? Ini Penjelasan Dokter

3. Yoghurt

Yoghurt ialah produk susu padat nutrisi yang dikemas dengan mineral yang membantu mengatur tekanan darah, termasuk kalium dan kalsium. Sebuah tinjauan dari 28 penelitian menemukan bahwa mengonsumsi 3 porsi yoghurt per hari dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi 13 peresn lebih rendah, serta peningkatan 7 ons (200 gram) dalam asupan susu per hari dikaitkan dengan 5 persen penurunan risiko hipertensi.

Comments