Ini lho cara mudah bikin kue putu manis & gurih tanpa bambu

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Ini lho cara mudah bikin kue putu manis & gurih tanpa bambu

Ini lho cara mudah bikin kue putu manis & gurih tanpa bambu

KEPONEWS.COM - Ini lho cara mudah bikin kue putu manis & gurih tanpa bambu Kudapan manis putu, kudapan manis dengan bentuk seperti tabung, berwarna hijau atau putih, rasanya gurih dan manis. Kudapan manis yang terkenal dengan suara khas seperti suara peluit ini merupakan sal...

Kudapan manis putu, kudapan manis dengan bentuk seperti tabung, berwarna hijau atau putih, rasanya gurih dan manis. Kudapan manis yang terkenal dengan suara khas seperti suara peluit ini merupakan salah satu jenis masakan tradisional khas Indonesia.

Jenis makanan berupa kudapan manis yang terbuat dari butiran kasar tepung beras yang biasanya berisi gula jawa dan ditaburi parutan kelapa. Selain suara khas uap yang keluar dari alat suitannya, proses pembuatan kudapan manis putu juga khas dengan cara dikukus di dalam bambu dan sedikit dipadatkan.

Kudapan manis ini biasnya banyak ditemukan pada saat sore hari hingga larut malam. Tidak hanya terkenal di Indonesia, kudapan manis putu kini juga sudah merambah ke negara lain seperti Singapura dan Malaysia dengan bentuk yang sedikit berbeda namun rasa yang sama.

Nah buat kamu yang mau mencoba bikin kudapan manis putu sendiri di rumah, kali ini mau ngasih tau resep dan cara membuat kudapan manis putu tanpa menggunakan bambu yang dilansir dari cookpad.com, Selasa (27/2).

Bahan:
1. 200 gram tepung beras
2. 100 ml air
3. 1/2 sdt garam
4. 100 gram gula merah
5. Daun pandan secukupnya
6. Kelapa parut secukupnya

Cara membuat:
1. Masak air bersama garam dan daun pandan hingga mendidih, sisihkan sampai agak hangat.

2. Masukkan air tadi ke dalam tepung beras. Lalu aduk hingga bergumpal kasar.

3. Kemudian saring tepung tadi dengan saringan kawat.

4. Saring hingga mendapatkan butiran tepung berasa yang halus.

5. Setelah itu potong kecil-kecil gula merah.

6. Masukkan tepung yang sudah disaring sebanyak 1/3 ke dalam cetakan plastik kudapan manis atau agar. Lalu masukkan gula merah secukupnya di atasnya.

7. Masukkan kembali tepung beras sampai penuh. Setelah itu kukus selama kurang lebih 40 menit.

8. Angkat dan sajikan kudapan manis putu bersama kelapa parut. Selamat mencoba!

RECOMMENDED

Comments