Ini Dua Produk Mie Sedaap Mengandung Pestisida yang Ditarik Otoritas Singapura

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ini Dua Produk Mie Sedaap Mengandung Pestisida yang Ditarik Otoritas Singapura

Ini Dua Produk Mie Sedaap Mengandung Pestisida yang Ditarik Otoritas Singapura

KEPONEWS.COM - Ini Dua Produk Mie Sedaap Mengandung Pestisida yang Ditarik Otoritas Singapura Setelah ditarik di Hong Kong, kini produk makanan asal Indonesia, Mie Sedaap mengandung pestisida ditarik oleh Badan Pangan Singapura (SFA). Seperti yang diketahui, sebelumnya di Hongkong produk yang...

Setelah ditarik di Hong Kong, kini produk makanan asal Indonesia, Mie Sedaap mengandung pestisida ditarik oleh Badan Pangan Singapura (SFA). Seperti yang diketahui, sebelumnya di Hongkong produk yang ditarik hanya Mie Sedaap Korean Spicy Chicken saja.

Namun, kali ini terdapat dua varian Mie Sedaap mengandung pestisida yang ditarik peredarannya, yaitu Mie Sedaap Korean Spicy Soup dan Mie instan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Penarikan dua produk juga berlaku pada mi instan yang mempunyai tanggal kadaluarsa di 2023 mendatang.

Sama halnya dengan Hong Kong, dalam rilis SFA dikatakan kandungan pestisida yang terdapat dalam Mie Sedaap Korean Spicy Soup dan Mie Sedaap Korean Spicy, yaitu etilen oksida. Sementara peraturan yang terdapat di Singapura, penggunaan etilen oksida pada dasarnya diperbolehkan. Namun, penggunaan etilen oksida tidak boleh berlebihan.

Ilustrasi mie instan (freepik)Ilustrasi mie instan (freepik)

"Etilen oksida merupakan pestisida yang tidak diizinkan untuk digunakan dalam makanan. Di bawah Peraturan Makanan Singapura, etilen oksida diizinkan untuk digunakan dalam sterilisasi rempah-rempah. Batas Maksimum Residu (MRL) etilen oksida dalam rempah-rempah tidak boleh melebihi 50mg/kg," tulis SFA dalam rilisnya.

Tatsuma Yoshida, Eks Pelatih Singapura yang Dikalahkan Timnas Indonesia Kini Mentereng di Jepang

Untuk mencegah adanya paparan pestisida pada produk lainnya, pihak SFA bekerja sama dengan importir serta otoritas Indonesia untuk mengetahui penyebab kontaminasi etilen oksida pada makanan yang diimpor. Jikalau nantinya ditemukan etilen oksida dengan kadar yang berlebihan, nantinya produk tersebut tidak diizinkan dipasarkan di Singapura.

Tidak hanya itu, karena penemuan etilen oksida tersebut, SFA mengarahkan Sheng Sheng F&B Industries untuk menarik kembali mie instan Mie Sedaap Korean Spicy Soup dan mie instan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Sementara untuk beberapa produk Mie Sedaap lainnya tetap dijual di pasaran karena aman dari etilen oksida.

Segala proses tersebut ditujukan agar masyarakat dapat mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Pasalnya, jikalau masyarakat mengonsumsi pestisida ditakutkan dapat memengaruhi kesehatan di masa depan. Oleh alasannya adalah itu, pihak SFA menyarankan masyarakat yang sudah membeli tetapi belum dikonsumsi, diharapkan untum tidak memakannya.

"Meskipun tidak ada risiko langsung untuk konsumsi makanan yang terkontaminasi dengan etilen oksida tingkat rendah, paparan jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan," jelas pihak SFA.

Jembatan Keberagaman, Makanan Jadi Kunci Pariwisata Halal

Comments