Ini Dia Akuarium Tematik Terbesar di Dunia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Ini Dia Akuarium Tematik Terbesar di Dunia

Ini Dia Akuarium Tematik Terbesar di Dunia

KEPONEWS.COM - Ini Dia Akuarium Tematik Terbesar di Dunia Istanbul - Destinasi di Istanbul, Turki tak sebatas wisata sejarah dan religi. Ada pula akuarium keren yang menjadi salah satu akurium tematik terbesar di dunia.Tak jauh dari Bandara Ataturk, Istanbul...

Istanbul - Destinasi di Istanbul, Turki tak sebatas wisata sejarah dan religi. Ada pula akuarium keren yang menjadi salah satu akurium tematik terbesar di dunia.

Tak jauh dari Bandara Ataturk, Istanbul terdapat destinasi indoor yang menarik dikunjungi, Istanbul Akvaryum atau Istanbul Aquarium. Akuarium tematik ini mulai dibuka untuk pengunjung pada tahun 2011 lalu.

detikTravel berkunjung ke sana beberapa waktu lalu. Untuk masuk ke akuarium, bisa melalui Aqua Florya Mall. Lalu membeli tiket masuk langsung di sisi depan area akuarium. Biaya tiket per orang sekitar 65 Turkish Lira (Rp 235 ribu).

Merasakan Dumplingnya Turki

Melewati pintu masuk Istanbul Aquarium, suasana cukup ramai dengan wisatawan. Kebanyakan anak-anak sekolah, tapi tak sedikit juga orang dewasa yang berkunjung. Akuarium ini memang populer di Istanbul.

Tak mengherankan karena koleksinya lengkap, komplek akuarium pun luas. Istanbul Aquarium memiliki sekitar 17 tema berbeda di dalamnya dan 1 area yang dibuat seperti daerah hutan hujan.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel) Ketujuh belas tema itu terbagi di banyak sekali ruangan berbeda. Mulai dari Laut Hitam, Marmara, Laut Merah, Selat Gilbraltar, Terusan Panama hingga Samudera Pasifik. Dengan desain yang interaktif dan teknologi mumpuni, wisata kemari pun begitu menyenangkan dan nyaman.

Di setiap ruangan traveler bisa melihat ikan-ikan berenang dalam akuarium yang luas. Ada pula penjelasan mengenai sekilas sejarah, geografis, dan budaya di banyak sekali daerah yang menjadi temanya.

Berjalan menghampiri satu persatu ruangan dengan tema berbeda cukup memakan waktu lama juga. Rasanya akuarium ini tak habis-habis. Setelah selesai sampai ke ujung, ada penunjuk arah untuk lanjut menghampiri ruangan bertema lain di lantai berikutnya.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel) Istanbul Aquarium memang terdiri dari 2 lantai dengan 66 akuarium. Area untuk pengunjung sendiri mencapai 6.000 meter persegi. Rute berkeliling dalam akuarium pun cukup panjang, sekitar 1,2 km dari area Laut hitam sampai Pasifik. Untuk total spesies yang ada di akuarium mencapai sekitar 1.500, sementara hewan-hewan laut dan darat kurang lebih 17.000. Banyak banget!

Traveler pun bisa melihat beragam hewan laut. Beragam hiu maupun pari, sampai ikan-ikan kecil berwarna-warni dan anemon laut, semua ada. Kalau mau menjajal aktivitas lainnya, ada pilihannya, seperti wahana Mirror Maze, diving bareng hiu, simulasi tur helikopter, melihat sesi memberi makan ikan setiap hari pukul 15.00 dan masih banyak lagi.

Kalau ingin beristirahat sebentar sebelum lanjut keliling akuarium, traveler bisa mampir bersantap di kafetaria ataupun restoran. Salah satu restoran dalam area Istanbul Aquarium dibuat dengan pemandangan mengarah ke area bertema Terusan Panama dan pemandangan Laut Marmara. Nah, buat yang mau beli oleh-oleh suvenir akuarium, ada tokonya sebelum pintu ke luar.

(Kurnia/detikTravel)Berita dalam bahasa Turki dan Inggris (Kurnia/detikTravel) (Kurnia/detikTravel)Tema Selat Gibraltar (Kurnia/detikTravel) (krn/aff)

Comments