Ini Dampak Stres yang Kalian Alami dan Cara Mengatasinya

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Ini Dampak Stres yang Kalian Alami dan Cara Mengatasinya

Ini Dampak Stres yang Kalian Alami dan Cara Mengatasinya

KEPONEWS.COM - Ini Dampak Stres yang Kalian Alami dan Cara Mengatasinya APA yang diakibatkan oleh stres ternyata tidak hanya mengakibatkan permasalahan mental semata. Kondisi tubuh pun bisa dengan mudah terkena dampaknya bila kita tidak dapat mengendalikan stres.Mulai dar...

APA yang diakibatkan oleh stres ternyata tidak hanya mengakibatkan permasalahan mental semata. Kondisi tubuh pun bisa dengan mudah terkena dampaknya bila kita tidak dapat mengendalikan stres.

Mulai dari anggota tubuh yang tak berfungsi atau mengalami penurunan kualitas hingga penyakit yang tidak sembuh. Cek artikel ini untuk mengetahui apa saja yang dapat dihasilkan oleh stres pada tubuh Anda.

Kuku yang jelek

Tidak hanya rasa gugup yang membuat seseorang gemar mengigiti kuku. Kuku juga bisa rusak dan rapuh karena alasan lain yang besar seperti perceraian atau kematian keluarga. Menurut Whitney Bowe, MD, dermatologis di NYC, ini disebut beau's lines dimana saat seseorang merasa emosinya tegang, tubuh menarik energi dari sel-sel kuku untuk dialihkan ke organ tubuh lain yang lebih besar.

Solusi: Konsumsi diet meal yang kaya akan protein seperti ikan, telur, makanan berbahan susu dan lentil yang sangat bagus untuk menguatkan kuku. Anda juga bisa meningkatkannya dengan mengkonsumsi asam omega-3 dan vitamin B yang dapat ditemukan di salmon, alpukat dan kacang-kacangan. Untuk melindungi kuku dari terkelupas atau patah, oleskan minyak bunga matahari atau almond di kutikula setiap malam untuk melembabkan sekaligus melindungi kuku.

Flu yang tidak sembuh

Penelitian di Carneige Mellon University menemukan bahwa menjadi stress dapat melipatgandakan peluang Anda terkena flu. Saat kita di bawah tekanan atau stress, tubuh akan memompa kortisol, dimana ia akan berinteraksi dengan sel darah putih (sel darah yang memberikan kekuatan pada sistem imun). Bila sel darah putih menurun kekuatannya, Anda secara otomatis tidak bisa melawan infeksi.

Solusi: Obat-obatan seperti antihistamines dapat meredakan gejalanya, namun flu adalah virus yang artinya tidak obat yang dapat menghentikannya dengan segera. Yang bisa Anda lakukan adalah menambah jam istirahat (coba untuk mendapatkan tidur tujuh jam semalam) untuk membangun kembali sistem imun Anda. Meditasi juga dapat membantu meredakan parahnya flu dan durasi infeksi pernapasan hingga 60% dan 43%.

Otot kaku

Saat tubuh merasakan bahaya, otot akan tegang. Ini akan berakibat ke nyeri dan kaku di leher, punggung dan bahu. Energi stress juga akan mempengaruhi postur Anda dan membuat tekanan pada sendi.

Solusi: Stretching dapat menjadi solusi untuk menurunkan tekanan. Letakkan tangan di belakan kepala untuk membentuk posisi dada terbuka. Putar badan ke kiri dan ke kanan untuk merilekskan otot punggung. Perhatikan pose duduk Anda, pastikan untuk selalu duduk tegak. University of Auckalan pernah mengadakan penelitian dimana mereka menemukan bahwa posisi duduk yang bagus dapat mengurangi stres dan membuat mood lebih baik.

Ini Dampak Stres yang Kalian Alami dan Cara Mengatasinya

Comments