Ini Cara Tingkatkan Pelayanan Publik Lewat Wirausaha Sosial, Memang Bisa?

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Ini Cara Tingkatkan Pelayanan Publik Lewat Wirausaha Sosial, Memang Bisa?

Ini Cara Tingkatkan Pelayanan Publik Lewat Wirausaha Sosial, Memang Bisa?

KEPONEWS.COM - Ini Cara Tingkatkan Pelayanan Publik Lewat Wirausaha Sosial, Memang Bisa? Sejumlah upaya terus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya ialah Kompetisi Wirausaha Sosial untuk Negeri atau WiNNER yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparat...

Sejumlah upaya terus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya ialah Kompetisi Wirausaha Sosial untuk Negeri atau WiNNER yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KEMENPAN-RB) didukung oleh USAID ERAT (Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat).

Ini merupakan kompetisi usaha untuk para wirausaha sosial yang bertujuan mengatasi tantangan tata kelola pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik di enam provinsi di Indonesia.

Ilustrasi wirausaha perempuan. (Elements Envato)Ilustrasi wirausaha perempuan. (Elements Envato)

"Kompetisi WiNNER berupaya untuk menjalin simbiosis mutualiasme, dimana pemerintah daerah sebagai pihak yang mempunyai sumber daya namun butuh percepatan penyelesaian masalah terhadap isu prioritas dan wirausaha sosial yang memberikan solusi dengan inisiatif baru atau inovasi yang dapat membantu memecahkan problem," jelas Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam keterangannya baru-baru ini.

Diah juga memberikan, kolaborasi dan keterlibatan wirausaha sosial dalam pembangunan dan banyak sekali sektor pelayanan publik, dapat membantu pemerintah untuk mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik yang prima. Keterlibatan wirausaha sosial juga membuka peluang potensi pemanfaatan teknologi dan penciptaan inovasi, untuk menghasilkan penyediaan pelayanan publik yang lebih terjangkau dan berbobot.

Mal Pelayanan Publik Purbalingga Layani Pembuatan Paspor, Begini Caranya

Terdapat tujuh isu yang menjadi prioritas dalam kegiatan ini yang patut menjadi perhatian wirausaha sosial dalam menyelesaikan masalah pelayanan publik di tingkat daerah. Isu tersebut merupakan: (1) pengurangan kemiskinan, (2) kesehatan, (3) air bersih dan sanitasi, (4) akses dan kualitas pendidikan, (5) stunting dan kesehatan ibu dan anak, (6) perkawinan anak, serta (7) pengelolaan sampah.

Diharapkan, kompetisi tersebut dapat menjadi inisiasi percontohan yang berhasil menghubungkan para pelaku wirausaha sosial dengan pemangku kepentingan strategis agar terciptanya peningkatan kapasitas usaha, sekaligus pemerintah, dalam memecahkan masalah pelayanan publik. Selain itu, Diah juga berharap WiNNER dapat menjadi role model bagi pelaku wirausaha sosial.

Comments