Ini Cara Mudah Pantau Real Count Pemilu 2019 via Smartphone

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Ini Cara Mudah Pantau Real Count Pemilu 2019 via Smartphone

Ini Cara Mudah Pantau Real Count Pemilu 2019 via Smartphone

KEPONEWS.COM - Ini Cara Mudah Pantau Real Count Pemilu 2019 via Smartphone JAKARTA- Hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menghimpun data perhitungan sementara berbasis formulir C-1 dari tempat pemungutan suara (TPS). Perhitungan data tersebut atau real count-ny...

JAKARTA- Hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menghimpun data perhitungan sementara berbasis formulir C-1 dari tempat pemungutan suara (TPS). Perhitungan data tersebut atau real count-nya KPU bisa dipantau oleh masyarakat melalui smartphone.

Melalui keterangan Chairman Communication and Information System Security Research Center (CISSReC), Pratama Persadha mengatakan scan formulir C-1 yang diupload melalui laman KPU menunjukan bahwa lembaga penyelenggara Pemilu tersebut terbuka dan transparan. Sehingga bisa dikoreksi apabila terjadi kesalahan.

"Seperti halnya ada kesalahan entri data yang terjadi beberapa waktu lalu, bisa langsung dikoreksi dan diperbaiki," kata Pratama.

Oleh karena itu, Pratama mengatakan jikalau dibutuhkan peran aktif masyarakat untuk memantau dan mengawasi proses berjalannya Pemilu agar berlangsung jujur dan adil. Cara paling sederhana merupakan mencocokan data perolehan suara laman KPU dengan data C-1.

Chairman CISSReC

Untuk berita, data sementara di laman real count KPU, hingga Senin (22/4/2019) pukul 14.45 WIB sudah terhimpun suara dari 129.188 TPS dari 813.350 TPS atau 15,88 persen. Pratama mengungkapkan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui suara real count, berikut langkah-langkahnya.

Hari Bumi 2019 Cermati Efek Manusia terhadap Planet

Real Count

1. Buka laman https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/

2. Pastikan laman sudah terbuka secara tepat

3. Bagi Kamu pengguna Android, buka menu overflow dan pilih "Add to Home

Screen". Kemudian pilih "Add" untuk menambahkannya ke Home Screen

Android.

4. Bagi Kamu pengguna iPhone, klik tombol "Share" berbentuk kotak dengan

panah atas. Tombol ini berada di bagian bawah layar. Setelah itu

kemudian pilih "Add to Home Screen". Maka pintasan ke situs akan ditampilkan di Home Screen.

5. Bila ingin mengecek, klik shortcut yang ada di home screen seperti menjalankan software biasa.

Real Count

Password '123456' Digunakan oleh 23 Juta Pengguna Internet

(ahl)

Comments