Ini Bedanya Eksim Atopik dengan Psoriasis, Jangan Salah Penanganan Ya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ini Bedanya Eksim Atopik dengan Psoriasis, Jangan Salah Penanganan Ya

Ini Bedanya Eksim Atopik dengan Psoriasis, Jangan Salah Penanganan Ya

KEPONEWS.COM - Ini Bedanya Eksim Atopik dengan Psoriasis, Jangan Salah Penanganan Ya SETIAP tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Eksim Atopik Sedunia atau World Atopic Eczema Day. Seperti diketahui, eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan kulit kering,...

SETIAP tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Eksim Atopik Sedunia atau World Atopic Eczema Day. Seperti diketahui, eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan kulit kering, gatal, hingga radang yang menimbulkan ruam-ruam merah. Eksim dapat dialami siapa saja, mulai bayi hingga orang dewasa.

"Eksim atau eczema merupakan sekelompok kondisi yang menyebabkan kulit meradang, iritasi, dan gatal. Kondisi kulit eksim ini mempengaruhi sekitar 25 persen anak-anak dan 2 3 persen orang dewasa," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Arini Astasari Widodo SpKK dalam diskusi daring bersama media beberapa waktu lalu.

Ketahui Ciri-Ciri Eksim, Penyakit Kulit yang Bikin Gatal hingga Radang

Ia memaparkan, kadang kala penyakit eksim disalahartikan sebagai psoriasis, padahal keduanya berbeda. Psoriasis merupakan peradangan pada kulit yang gejala umumnya ialah ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas.

Eksim. (Foto: Shutt)

"Orang awam sering kali salah mengenali eksim atopik dengan psoriasis. Psoriasis menyebabkan bercak yang tegas, tebal, merah, bersisik, dan umumnya muncul di area seperti siku dan lutut," jelas dr Arini.

Begini Rangkaian Perawatan yang Cocok untuk Kulit Penderita Eksim

Meski sama-sama menimbulkan ruam merah, bercaknya berbeda antara eksim atopik dengan psoriasis. "Bercak pada psoriasis lebih tebal dan lebih berbatas tegas dibandingan atopik. Pada psoriasis, gejala gatalnya pun ringan, sedangkan biasanya pada eksim atopik rasa gatal sangat mendominasi," kata dia.

Sementara itu, gejala eksim atopik di antaranya gatal, peradangan kulit di wajah bayi dan anak, peradangan kulit di anggota gerak orang dewasa, dermatitis berulang, dan ada riwayat atopi pada penderita atau keluarganya.

Comments