Ini Arti Angka-Angka yang Tertempel di Buah Supermarket

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ini Arti Angka-Angka yang Tertempel di Buah Supermarket

Ini Arti Angka-Angka yang Tertempel di Buah Supermarket

KEPONEWS.COM - Ini Arti Angka-Angka yang Tertempel di Buah Supermarket JIKA membeli buah-buahan di supermarket, Kamu pasti pernah melihat label atau stiker angka yang menempel di kulit buah. Angka empat atau lima digit yang tertera ini bertujuan memberikan berita kepada...

JIKA membeli buah-buahan di supermarket, Kamu pasti pernah melihat label atau stiker angka yang menempel di kulit buah. Angka empat atau lima digit yang tertera ini bertujuan memberikan berita kepada pembeli perihal produk tersebut.

Nomor itu disebut Price Look-Up (PLU) yang sudah ada semenjak 1990. Nomor ini mempunyai dua fungsi. Pertama, memungkinkan kasir ataupun pembeli mencari harga buah tersebut. Kemudian yang kedua, pembeli dapat mengidentifikasi jenis produksinya dan cara menanam buah itu.

Ternyata Penguin Kehilangan Indera Perasa, Ini Penyebabnya

Dikutip dari Mental Floss, Senin (26/10/2020), nomor itu ditetapkan oleh International Federation for Produce Standards (IFPS). Setiap PLU secara teknis memilki 5 digit angka. Bila didahului angka 0 artinya buah tersebut ditanam secara konvensional. Sedangkan angka 9 menunjukkan buah ditanam secara organik.

Buah-buahan. (Foto: Tabrez Syed/Unsplash)

Angka 8 pada digit pertama memberikan berita bahwa buah tersebut telah dimodifikasi secara genetik. Stiker ini tidak wajib ada, namun sangat berguna untuk petani dan supermarket. Tidak semua orang menggunakannya dan tidak muncul di semua makanan segar.

Ini Sejarah Gunting hingga Melekat dengan Kehidupan Manusia

"Tidak mungkin stiker angka itu muncul di kacang hijau atau jamur. Namun kode PLU dapat digunakan pada papan nama atau dengan cara lain untuk komoditas ini," jelas IFPS dalam catatannya.

(han)

Comments