Ini Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Gak Gampang Percaya Sama Foto yang Ngebantah Foto Lain

Trending

Fun / Trending

Ini Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Gak Gampang Percaya Sama Foto yang Ngebantah Foto Lain

Ini Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Gak Gampang Percaya Sama Foto yang Ngebantah Foto Lain

KEPONEWS.COM - Ini Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Gak Gampang Percaya Sama Foto yang Ngebantah Foto Lain No pic hoax memang udah sering dipake sejak jaman forum internet lagi booming-booming-nya.Kurang lebih alurnya gini nih: orang seneng share fakta?orang-orang masih gampang percaya ? lama-lama fakta ma...

No pic hoax memang udah sering dipake sejak jaman forum internet lagi booming-booming-nya.

Kurang lebih alurnya gini nih: orang seneng share fakta?orang-orang masih gampang percaya ? lama-lama fakta makin absurd ? orang-orang jadi skeptis, maka no pic hoax! (kalo gak ada fotonya berarti bohong) ? share fakta pake foto ? orang percaya ? makin banyak share foto ?orang mulai jago manipulasi foto? fakta yang beredar jadi simpang-siur.

Banyak nih contohnya:

Picture 1 of 4

Atau ini:

Picture 1 of 3

Atau juga yang ini:

Picture 1 of 2

Jadi bingung kan? Ada foto fakta A, heboh, terus dibantah pake foto fakta B, terus heboh lagi, terus dibilang bantahannya itu editan, atau malah foto A itu yang dituduh editan.

Jadi gimana sih? Mana yang harus dipercaya? Jawabannya, jangan gampang percaya sama keduanya! Baik foto yang fakta pertama, maupun bantahannya. Kenapa? Soalnya;

1. Bisa banget itu editan

Udah dijelasin kan di atas, kenapa kamu gak boleh gampang percaya karena mudahnya foto tersebut diedit? Baik yang foto pertama booming, maupun yang bantahannya, dua-duanya gak menutup kemungkinan diedit. Aplikasi ngedit pun udah lebih banyak dan lebihuser-friendly, sehingga sekecil anak SD pun bisa mengoperasikannya.

2. Sumbernya gak jelas dari mana

Kebanyakan kabar hoax bermodalkan foto itu kan tumbuh dan berkembang dari broadcast message atau malah dari grup sebelah gitu kan. Dan mereka juga pasti copy-paste/forward dari tempat lain. Tapi, tempat lainnya itu dari mana? Gak jelas juga. Makanya gak bisa begitu aja percaya.

3. Banyak juga contoh yang salah

Kamu juga pasti sering nemu kan broadcast-an gambar yang kamu tau banget kalo itu tuh salah? Gatel banget ya pengen benerin. Tapi semakin dibenerin semakin banyak bermunculan yang baru, yang salah juga. Kalo banyak contoh salah, masa kamu masih mau gampang percaya juga sih?

4. Bisa jadi cuma buat ngerame-ramein doang

Atau malah, gambar tersebut dibikin bukan dari dua pihak yang lagi berseteru. Bisa aja yang bikin itu tuh pihak yang gak terlibat, yang gak ada hubungannya sama sekali, dan cuma pengen ngerame-ramein aja gitu. Biar ada bahan ketawaan dan bercandaan. Bukan gak mungkin kan?

5. Nanti juga ada foto yang ngebantah lagi

Meskipun kamu percaya sama satu foto, akan ada foto lain yang berdatangan. Gak akan ada abisnya!

6.Malah nyape-nyapein diri sendiri

Dan kalo kamu ngotot mau berkata kalo fakta A itu benar dan fakta B itu salah atau pun juga sebaliknya, yang ada malah kamunya yang nyape-nyapein diri sendiri. Percuma, orang yang udah terbutakan sama emosi mah gak akan peduli sama apapun omongan dari lawan bicaranya.

Tuh, masuk akal gak? Udah ya, gak usah jadi warga yang kayak baru nemu internet kemaren sore gitu ah.

Comments