Ini alasan kenapa kamu harus mandi sebelum tidur

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Ini alasan kenapa kamu harus mandi sebelum tidur

Ini alasan kenapa kamu harus mandi sebelum tidur

KEPONEWS.COM - Ini alasan kenapa kamu harus mandi sebelum tidur Kamu biasanya mandi berapa kali dalam sehari? Normalnya, orang akan mandi sehari 2 kali, pagi dan sore. Namun ada juga yang tergantung dengan aktivitasnya. Kalau aktivitasnya berhubungan dengan kegiat...

Kamu biasanya mandi berapa kali dalam sehari? Normalnya, orang akan mandi sehari 2 kali, pagi dan sore. Namun ada juga yang tergantung dengan aktivitasnya. Kalau aktivitasnya berhubungan dengan kegiatan fisik yang berat, otomatis berkeringat dan menyebabkan badan kotor. Maka dari itu perlu mandi untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan bakteri dan kuman.

foto: kingofwallpapers.com

Orang yang sehariannya berkegiatan, pastinya sebelum tidur mandi dulu. Tapi yang kegiatannya nggak berkaitan dengan fisik, tentu saja langsung tidur. Nah, tapi ternyata ada alasan lho kenapa kamu harus mandi sebelum tidur.

Sebuah studi menunjukkan kalau mandi dapat membangkitkan pikiran dan meningkatkan kreativitas. Nah, ada studi lain juga yang menyatakan bahwa kalau mandi air panas sebelum tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Seperti lansir dari Womenshealth, Sabtu (11/3), menurut Dianna Augelli, praktisi kesehatan dari Center for Sleep Medicine di New York Presbyterian/Weill Cornell Medical Center, mandi sebelum tidur bisa membantu badan rileks dan tenang. "Kondisi tenang merupakan sebuah sinyal yang memberitahu kita untuk tidur," ungkapnya.

Kapan waktu yang tepat untuk mandi? Yakni 90 menit sebelum kamu beranjak ke atas kasur. Pada ketika itu, badanmu bisa mengatur ritme sirkadian, sinyal yang memberitahukan perasaan waspada dan kapan merasakan ngantuk. Beberapa ketika setelah mandi, kamu akan merasakan kehangatan dan lebih merasa waspada, aktif, dan kreatif. Tetapi selanjutnya, kamu mulai merasakan tenang.

(tin)

Comments