Ini Alasan Kamu Mengigau saat Tidur, Bukan karena Kesurupan Loh!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ini Alasan Kamu Mengigau saat Tidur, Bukan karena Kesurupan Loh!

Ini Alasan Kamu Mengigau saat Tidur, Bukan karena Kesurupan Loh!

KEPONEWS.COM - Ini Alasan Kamu Mengigau saat Tidur, Bukan karena Kesurupan Loh! PERNAHKAH sahabat sekamarmu ketakutan melihatmu tertidur sambil berbicara? Kamu pun tentu tidak menyadari hal ini bahkan tidak ingat sama sekali. Kita mengenal berbicara saat sedang tidur sering diseb...

PERNAHKAH sahabat sekamarmu ketakutan melihatmu tertidur sambil berbicara? Kamu pun tentu tidak menyadari hal ini bahkan tidak ingat sama sekali.

Kita mengenal berbicara saat sedang tidur sering disebut mengigau. Mengigau ialah keinginan alam bawah sadar seseorang yang biasanya tidak disadari.

Bahkan, sering kali kalau kita melihat orang mengigau layaknya kesurupan atau yang berbau mistis. Padahal, mengigau dapat dijelaskan secara medis.

Intip Pesona Masinis Jevi Santosa yang Sanggup Buat Penumpang Meleleh

Mimpi (Shutterstock)

Dilansir dari boldsky pada Selasa (11/9/2018), Menurut National Sleep Foundation, berbicara saat tidur dalam bahasa kerennya dikenal sebagai somniloquy. Ini ialah gangguan tidur yang mengacu pada syaraf bicara saat tidur baik mengeluarkan dialog atau bergumam.

Berbicara saat tidur sangat umum dialami oleh anak-anak dan laki-laki. Ternyata, mengigau merupakan masalah medis.

Berbicara saat tidur biasanya terjadi selama fase REM (rapid eye movement) dan non-REM sleep. Ketika berbicara terjadi selama fase REM (tahap ketika seseorang bermimpi), mulut seseorang dan pita suara yang biasanya tidak aktif saat tidur dihidupkan dan kata-kata yang diucapkan dalam mimpi keluar dengan suara yang keras.

Lebih Dekat dengan Raden Rauf, Hot Daddy Idola Netizen Masa Kini!

Banyak hal yang menyebabkan mengigau, antara lain, stres, depresi, demam, kantuk di siang hari, kurang tidur dan minum alkohol. Dalam banyak kasus, hal ini juga dapat terjadi dengan gangguan tidur lainnya seperti sleep apnea, sleep terror, sleepwalking dan gangguan tidur yang berhubungan dengan tidur malam (NS-RED).

Mimpi (Shutterstock)

Secara umum, diharapkan pengobatan. Namun, bila berkepanjangan, maka berkonsultasilah dengan dokter.

Tidak ada tes yang diharapkan untuk mendiagnosisnya. Namun, jikalau mengigau mengganggu tidur kamu, dokter mungkin akan melakukan tes seperti studi tidur atau perekaman tidur (polysomnogram).

Pengen Hangout tapi Panas Banget? Ini Cara Lindungi Wajah Kamu yang Tepat!

Agar tidak mengalami hal tersebut, langkah-langkah berikut perlu dalam rutinitas waktu malam Kamu untuk mengurangi kemungkinan episode berbicara tidur.

Ikuti jadwal tidur Kamu secara teratur dengan mencatat waktu Kamu.

Hindari meminum alkohol.

Hindari stres terlalu banyak.

Hindari makan besar saat ingin tidur.

Hindari asupan pil tidur.

Hindari minum minuman berkafein seperti teh dan kopi.

(rzy)

Comments