Ini Akibat Jika Pakaian Basah Dijemur di Dalam Rumah

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Ini Akibat Jika Pakaian Basah Dijemur di Dalam Rumah

Ini Akibat Jika Pakaian Basah Dijemur di Dalam Rumah

KEPONEWS.COM - Ini Akibat Jika Pakaian Basah Dijemur di Dalam Rumah Rabu, 15 Maret 2017 | 13:31 WIBAP/Rajesh Kumar SinghJakarta- Menjemur pakaian basah di dalam rumah dapat meningkatkan kelembapan ruangan hingga 30 persen dan memicu pertumbuhan jamur, yang berakibat b...

Rabu, 15 Maret 2017 | 13:31 WIB

Ini Akibat Jika Pakaian Basah Dijemur di Dalam Rumah

AP/Rajesh Kumar Singh

Jakarta- Menjemur pakaian basah di dalam rumah dapat meningkatkan kelembapan ruangan hingga 30 persen dan memicu pertumbuhan jamur, yang berakibat buruk bagi kesehatan.

Menurut pakar dari Perhimpunan Asma Irlandia, hal itu bisa mempengaruhi orang-orang yang sulit bernapas, asma, melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan menimbulkan masalah kulit.

Baca juga:Hati-hati, 5 Kata Ini Bisa Menghambat Karier Anda

Kelembapan itu juga bisa berpengaruh pada bayi, anak, dan lansia. Pheena Keeny dari Perhimpunan Asma Irlandia menyebut, lingkungan lembap memicu pertumbuhan jamur yang bisa melepaskan spora. "Spora memicu reaksi alergi untuk sebagian orang. Jamur dan spora jamur sering kali kasat mata," katanya.

Pheena menjelaskan, biasanya, ketika orang menghirup spora, sistem kekebalan tubuh akan membantu mengeluarkannya lewat batuk dan bersin.

"Kalau Anda tidak sensitif pada jamur, Anda tak akan bereaksi. Namun, untuk orang yang punya asma yang sensitif pada spora jamur, itu bisa menjadi pemicu, membuat gejala asma makin parah."

Jadi lebih baik menjemur baju di luar rumah, atau gunakan mesin pengering.

Hindari juga menjemur cucian basah di kamar atau area keluarga. Secara terencana, buka jendela untuk meningkatkan ventilasi rumah.

Seperti dilansir dari The Sun, kipas ekstraktor juga menjadi solusi mengurangi kelembapan di dapur dan kamar mandi. Selain itu, bersihkan pendingin udara untuk memperlancar ventilasi.

ANTARA

Baca juga:
Apakah Anda Jenius? Simak 8 Ciri Ini
Kerja di Rumah Pun Bisa Asyik! Simak 5 Triknya

Comments