Ini 6 syarat kamu jadi musisi sukses sejak muda

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Ini 6 syarat kamu jadi musisi sukses sejak muda

Ini 6 syarat kamu jadi musisi sukses sejak muda

KEPONEWS.COM - Ini 6 syarat kamu jadi musisi sukses sejak muda Ketika kita bicara soal musisi, memang nggak hanya berhenti pada soal teknis, pembelajaran akademis dan skill semata. Ketika memutuskan jadi musisi, banyak faktor yang bisa memengaruhi kesuksesan sese...
Loading...

Ketika kita bicara soal musisi, memang nggak hanya berhenti pada soal teknis, pembelajaran akademis dan skill semata. Ketika memutuskan jadi musisi, banyak faktor yang bisa memengaruhi kesuksesan seseorang.

Memang, menguasai instrument musik mungkin bisa disebut hal yang utama ketika menjalani profesi sebagai musisi. Tapi ingat, itu saja nggak cukup lho. Nah, kali ini sudah merangkum, Senin (23/1), 6 syarat yang wajib kamu punya biar bisa jadi musisi hebat semenjak muda. Simak di bawah ini, ya.

1. Aransemen.

gif: musicindustryinsideout

Jago aransemen memang nggak mudah. Tapi kamu yang sudah bisa menguasai teknik dasar bermusik, bisa memulai untuk belajar mendalami teknik aransemen.

Kamu bisa terus berlatih dan bereksperimen dengan alat yang kamu bisa dan mulai berkreasi.


2. Attitude.

gif: giphy.com/patrick-drum

Attitude di sini bisa dibilang merupakan sikapmu dalam bermusik. Apakah kamu memiliki ketekunan dan kepercayaan diri dalam menampilkan musikmu.

Mulai pupuk kepercayaan diri sebagai pondasi dari langkahmu selanjutnya untuk jadi musisi.


3. Nggak pernah berhenti belajar, dan cari mentor terbaik buatmu.

foto: dok. mldspot

Setelah punya rasa percaya diri, langkah selanjutnya yang harus kamu tempuh ialah mencari orang-orang yang tepat untuk jadi mentor kamu dalam bermusik. Sehingga kamu bisa terus belajar.

Mirip yang diungkapkan oleh salah satu personel MLD Jazz Project Season 2, pemenang MLDare2Perform Season 2, Edwin Putro Mulyono yang tetap tekun belajar setelah ia terpilih sebagai pianis dalam ajang tersebut.

Terus belajar. Karena misalnya ketika jam session sama senior gitu, bukan ajang keren-kerenan. Pas latihan sama mereka juga kena marah, pokoknya dididik. Intinya belajar terus, ujar cowok asli Semarang Jawa Tengah ini.

Edwin sendiri mengaku pernah jam session dengan Adra Karim, salah satu juri dalam MLDare2Perform Season 2.

Para pemenang di ajang ini memang sudah memiliki skill dalam memainkan musik Jazz, dan mereka bakal dikawal oleh 6 musisi jazz profesional tanah air lho.

Musisi tersebut merupakan orang-orang profesional di bidang masing-masing, mirip Nikita Dompas (Gitar), Indro Hardjodikoro (Bass), Syaharani (Vocal), Aksan Sjuman (Drum), Adra Karim (Keyboard) dan Devian Zikri (Sax).


4. Diversify, berani menjadi kreatif dan unik.

gif: Buzzfeed.com

Sebagai musisi, mungkin kamu punya idola atau acuan dalam bermusik yang biasa jadi kiblatmu dalam menciptakan karya-karya. Tapi kalau kamu bisa mencoba untuk belajar menikmati sesuatu yang tidak biasa kamu dengar mungkin itu bisa membantumu untuk bisa lebih melihat sesuatu lebih luas lagi, dan bisa membuatmu menciptakan musik yang lebih menarik.


5. Belajar semua jenis alat musik.

gif: reddit

Sudah puaskah kamu ketika kamu disebut musisi handal ketika kamu baru menguasai satu jenis musik saja? Well. kamu boleh aja puas, itu nggak salah sama sekali.

Namun, menjadi musisi ialah lebih baik kalau kamu bisa mengenalnya secara keseluruhan. Artinya paham dan mengapresiasi musik.


6. Aktif, jangan cuma menunggu.

foto: dok. mldspot

Kamu udah main musik? Udah punya band? Selama ini hanya nunggu ada event buat tampil? Ada baiknya kamu lebih aktif guys. Coba untuk ciptakan jalanmu sendiri.

Mirip yang dikatakan oleh personel MLD Jazz Project Season 2 yang lain, Almira Joesoef, yang mengaku bahwa untuk menjadi musisi yang sukses, seseorang harus serius dan mau mencoba.

Kalau kamu suka sama musik, ya harus mau bekerja keras, butuh belajar, banyak ngobrol sama orang yang paham musik, ungkap vokalis MLD Jazz Project Season 2.

Kerja keras dan ketekunan tersebut terbukti dengan dipilihnya enam pemenang MLDare2Perform Season 2. Mereka merupakan Almira Joesoef pada vocal, Wesley Geraldo pada bass, Afirniar pada drum, Edwin Putro pada piano, Fahreza Pramudia pada gitar dan Fauzan Febriansyah pada saxophone memilih untuk nggak menunggu, tapi mereka mau fight dan kini mereka pun tergabung dalam MLD Jazz Project yang berkesempatan untuk perform di ajang Jazz internasional mirip Java Jazz Festival 2017 dan lain-lain.

Nah, untuk itu, terus semangat dan jangan sekali-kali cuma menunggu, ya!

(tin)

Loading...

Comments