Ini 5 fakta di balik nada pembuka ponsel Nokia yang ikonik

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Ini 5 fakta di balik nada pembuka ponsel Nokia yang ikonik

Salah satu gadget paling laris yang pernah terjual di dunia ialah produk-produk dari raksasa telekomunikasi asal Swedia, Nokia. Dia era 90an hingga 2000an, ponsel Nokia mendominasi pasar penjualan ponsel sebelum roboh oleh Blackberry, Android maupun Apple beberapa tahun belakangan ini.

Nah, buat kamu yang pernah punya ponsel Nokia, pasti deh familiar dengan bunyi nada pembuka ponsel yang punya jargon Connecting People tersebut. Ternyata tone nada pembuka itu punya fakta-fakta yang menarik lho. Dilansir dari Vintagenews, Senin (19/6), inilah 5 fakta nada pembuka ponsel Nokia yang mungkin kamu belum ketahui.

1. Pertama kali diperkenalkan Nokia untuk iklan komersial Nokia 1011 pada 1992. Ketika itu melodinya mengalun selama tiga detik. Setahun kemudian, Nokia menggunakannya sebagai trademark-nya.

2. Pada tahun 1997, tone pembuka tersebut resmi diberi nama Grande Valse. Kemudian pada 1999, diganti nama Nokia Tune dan menjadi ringtone original Nokia.

3. Nada asli pembuka Nokia tersebut di aransemen oleh gitaris Spanyol bernama Francisco Tarrega. Ia yang lahir padsa 21 November 1852 disebut sebagai salah satu gitaris terbaik sepanjang masa.

4. Meski terdaftar dikarang oleh Tarrega, gitaris tersebut ternyata meminjam nada dari musik berjudul Grande Valse karangan Frederic Chopin yang dikarang tahun 1833.

5. The Nokia Tune bisa jadi merupakan ringtone paling populer di dunia. Sampai 2010, ringtone tersebut diperdengarkan setidaknya 1,8 miliar kali dalam sehari.

(brl/fen)


Comments