Ingin merasakan rumah sakit apung di Jakarta, begini caranya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Ingin merasakan rumah sakit apung di Jakarta, begini caranya

Ingin merasakan rumah sakit apung di Jakarta, begini caranya

KEPONEWS.COM - Ingin merasakan rumah sakit apung di Jakarta, begini caranya Sobat yang berada di perkotaan maupun perdesaan mungkin nggak terlalu sulit ketika membutuhkan fasilitas rumah sakit. Tapi bagaimana dengan mereka yang berada di wilayah Terluar, Terdepan, dan Terting...

Sobat yang berada di perkotaan maupun perdesaan mungkin nggak terlalu sulit ketika membutuhkan fasilitas rumah sakit. Tapi bagaimana dengan mereka yang berada di wilayah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T)? Mereka seringkali kesulitan. Mungkin saja fasilitas kesehatan yang ada cukup memadai, namun tenaga medisnya tidak tersedia. Malah tak jarang kondisi sebaliknya kerap terjadi.

Berdasarkan data National Research of Health Facilities 2017 di Papua dan Maluku dengan jumlah penduduk 7,3 juta, satu orang dokter harus menangani 4.000 pasien. Sedangkan satu orang dokter di Jakarta yang berpenduduk mencapai 10,5 juta menangani 350 pasien. Ditambah lagi, buruknya akses transportasi menjadi kendala berlapis saat masyarakat hendak menjangkau bantuan kesehatan.

Padahal, kesehatan menjadi modal utama sebagian besar masyarakat di daerah terpencil untuk melanjutkan hidup. Bertani, berkebun, beternak, dan mencari ikan menjadi jenis pekerjaan masyarakat di daerah terpencil yang menuntut kondisi kesehatan prima.

Masalah kesehatan menjadi kendala besar karena bila tidak bisa bekerja maka tidak ada penghasilan pada hari itu. Seluruh anggota keluarga jadi taruhannya, ucap Pendiri Yayasan Dokter Peduli, dr Lie Dharmawan dalam keterangan resminya kepada Brilio.net.

Rumah Sakit Apung © 2019

Comments