Ingin Kurus? Jangan 'Sentuh' Gadget Anda pada Malam Hari

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan 'Sentuh' Gadget Anda pada Malam Hari

Ingin Kurus? Jangan 'Sentuh' Gadget Anda pada Malam Hari

KEPONEWS.COM - Ingin Kurus? Jangan 'Sentuh' Gadget Anda pada Malam Hari Bermasalah dengan berat badan? Sudah mencoba segala macam diet dan latihan fisik intensif namun berat badan tak kunjung menyusut? Hmmm.. Coba kurangi kebiasaan mengutak-atik ponsel pada malam hari, te...

Bermasalah dengan berat badan? Sudah mencoba segala macam diet dan latihan fisik intensif namun berat badan tak kunjung menyusut? Hmmm.. Coba kurangi kebiasaan mengutak-atik ponsel pada malam hari, tepat sebelum tidur.

Pasalnya, para peneliti University of Granada, Spanyol, menyimpulkan pengunaan ponsel pada malam hari, menjelang waktu Anda tidur, memiliki andil besar dalam duduk perkara kegemukan.

Cahaya biru pada ponsel diduga sebagai penyebabnya.

Dalam penelitian sebelumnya, cahaya biru diketahui mengganggu proses produksi hormon tidur melatonin. Hormon inilah yang membuat seseorang tidur nyenyak.

Prabowo Gelar Pertemuan dengan Sohibul Iman dan Zulkifli Hasan Bahas Pilgub Jati m

Terganggunya proses produksi melatonin turut memengaruhi proses produksi hormom-hormon lainnya, termasuk ghrelin dan leptin, hormon yang mengatur nafsu makan. Tak heran, saat bergadang, kita diserang rasa lapar yang menggebu-gebu.

Dalam penelitiannya, para peneliti menginjeksi hormon melatonin pada sekolompok tikus. Terungkap hormon ini berperan penting dalam melawan obesitas dan diabetes.

"Kami tertarik pada konsep bagaimana pola tidur memengaruhi permasalahan diabetes dan obesitas. Apakah dengan meningkatkan kualitas tidur dapat berdampak positif pada kondisi diaebtes dan obesitas," ujar Dr. Simon Kyle, salah seorang peneliti, seperti dikutip Tribunnews dari MedicalDaily.com.

Sebagai solusi, Kyle menyarankan untuk menyimpan atau mengisi baterai ponsel di luar kamar. Pastikan pula, tidur dalam kondisi pencahayaan yang minim agar tidur lebih berkualitas.

Ingin Kurus? Jangan 'Sentuh' Gadget Anda pada Malam Hari

Comments