Ingin Jadi Influencer? Pahami Apa Itu Influencer dan Tipsnya

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Ingin Jadi Influencer? Pahami Apa Itu Influencer dan Tipsnya

Ingin Jadi Influencer? Pahami Apa Itu Influencer dan Tipsnya

KEPONEWS.COM - Ingin Jadi Influencer? Pahami Apa Itu Influencer dan Tipsnya Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna Internet dan menjamurnya konten di semua platform sosmed, istilah influencer semakin sering terdengar. Sebenarnya siapa atau apa itu influencer? Sederhanany...

Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna Internet dan menjamurnya konten di semua platform sosmed, istilah influencer semakin sering terdengar. Sebenarnya siapa atau apa itu influencer? Sederhananya, influencer merupakan seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain.

Influencer Ialah

Influencer merupakan orang atau kepribadian dalam sosmed dengan pengikut yang besar atau substansial. Apa yang mereka katakan dapat mempengaruhi perilaku pengikut mereka. Sederhananya, influencer mempunyai pengaruh untuk membuat pengikut mereka melakukan sesuatu.

Bisa dibilang seorang influencer merupakan seseorang yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi keputusan orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau karena hubungannya dengan audiens atau pengikut.

Biasanya, seorang influencer ialah seseorang yang bekerja sebagai blogger, Youtuber, selebriti atau publik figur, yang mempunyai puluhan ribu hingga jutaan pengikut di jejaring sosial dan dianggap penting dalam komunitas tertentu.

Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan salah satu taktik pemasaran suatu perusahaan dengan mengajak seorang influencer untuk bekerja sama meningkatkan brand awareness serta penjualan yang relevan dengan sasaran pasar yang dituju.

Sebagai pengguna sosmed yang aktif, Kamu mungkin pernah melihat selebriti atau orang terkenal di komunitas mendapatkan rekomendasi produk yang terus bermunculan di timeline Kamu. Influencer marketing termasuk dalam kategori native advertising atau konten berbayar yang menghadirkan tampilan, kualitas, dan performa menarik yang sama dengan konten organik yang dihasilkan oleh media periklanan lainnya.

Hasil kemitraan dapat bervariasi tergantung pada keahlian masing-masing influencer. Mereka juga dikenal sebagai key opinion leader meskipun mereka berasal dari latar belakang yang berbeda sehingga tidak ada yang benar-benar sama ketika disajikan kepada pengguna internet.

Mengapa Influencer Marketing Penting dalam Proses Pemasaran?

Perkembangan teknologi internet telah membuat platform jejaring sosial seperti Instagram, Youtube, Facebook populer ketika audiens mempunyai kebebasan untuk memilih konten yang mereka inginkan. Hal inilah yang membuat brand sulit melakukan pemasaran karena audience tersebar di banyak sekali media, sehingga sulit dijangkau.

Selain itu, konsumen semakin curiga terhadap merek dan taktik pemasaran untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Inilah pentingnya seorang influencer sebagai solusi bagi pemasar untuk mempromosikan produknya. Seiring dengan pemasaran influencer, ini memungkinkan pemasar untuk menemukan dan beriklan langsung ke audiens sasaran mereka.

Beriklan melalui influencer memungkinkan pemasar untuk beriklan melalui seseorang yang mereka kenal dan percayai. Dengan ini, masyarakat tidak akan curiga dengan iklan sosmed karena konsumen percaya bahwa influencer mereka menyukai produk tersebut.

Tips Menjadi Influencer Pahami apa minat Kamu

Untuk menjadi seorang influencer, temukan sesuatu yang benar-benar Kamu sukai dan ketahui tentangnya. Inilah yang dapat Kamu bagikan dengan orang lain. Jikalau seseorang menciptakan sesuatu yang berbeda dari Kamu dan mereka berhasil, itu tidak berarti Kamu harus seperti mereka. Buat konten Kamu sendiri. Cari tahu sebanyak mungkin sebelum memutuskan.

Manfaatkan akun yang telah ada

Kamu tidak perlu membuat akun baru dan memulai dari awal. Karena mencari dan membangun pengikut tidaklah mudah. Cukup bersihkan akun sosmed Kamu dengan menghapus konten dari posting lama yang tidak sesuai dengan konsep dan konten draft yang Kamu siapkan.

Gunakan profil usaha

Buka pengaturan Instagram dan ubah akun Kamu menjadi profil usaha secara gratis. Dengan akun usaha ini, Kamu dapat melihat semua data engagement yang Kamu miliki atau pada setiap postingan yang Kamu unggah. Kamu dapat melihat data bila diharapkan, termasuk waktu yang disarankan untuk membuat posting foto baru.

Video Instagram tambahan sekarang dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan. Jangan lupa untuk membuat blog atau website memakai nama akun Kamu. Karena Kamu tidak akan pernah tahu berapa lama jaringan sosmed akan bertahan. Sebuah blog atau website seperti rumah yang Kamu miliki tanpa harus khawatir kalau sosmed lainnya ditutup.

Bekerjasama dengan brand

Jikalau Kamu mempunyai lebih dari 1.000 pengikut sosmed, mulailah menjadi nano influencer. Kamu bisa mencoba mencari brand atau perusahaan yang membutuhkan jasa Kamu. Sesuaikan kebutuhan branding Kamu dengan tema akun Kamu. Teliti merek yang Kamu cari dan cari tahu siapa yang menjadi bagian dari departemen pemasaran.

Perkenalkan diri Kamu dan katakan Kamu ingin membuat konten yang menampilkan produk mereka sebagai sponsor. Perlahan, dengan semakin banyak posting yang Kamu unduh, merek lain akan muncul dengan sendirinya.

Setelah memahami apa itu influencer, mungkin Kamu semakin tertarik masuk ke dunia influencer ini. untuk membantu Kamu, Kamu bisa mengunjungi https://ritaelfianis.id untuk mendapatkan banyak sekali berita bukan hanya perihal influencer namun juga berita usaha online lainnya. jadilah influencer yang jujur dan bertanggung jawab agar bisa tetap dipercaya pengikut Kamu dan merek yang diajak untuk bekerja sama.

Comments