Ingin Hilangkan Cemas dan Stres? Lakukan Pijat Shiatsu dari Jepang

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ingin Hilangkan Cemas dan Stres? Lakukan Pijat Shiatsu dari Jepang

Ingin Hilangkan Cemas dan Stres? Lakukan Pijat Shiatsu dari Jepang

KEPONEWS.COM - Ingin Hilangkan Cemas dan Stres? Lakukan Pijat Shiatsu dari Jepang PERMASALAHAN yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang menjadi stres. Bila sudah begitu, akan timbul kecemasan berlebih dan penurunan energi. Melihat dampak yang cukup besar in...

PERMASALAHAN yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang menjadi stres. Bila sudah begitu, akan timbul kecemasan berlebih dan penurunan energi. Melihat dampak yang cukup besar ini, maka tak heran bila beberapa orang memilih untuk meredakan stresnya. Salah satu cara yang bisa dipilih ialah pijat.

Ada begitu banyak pijat yang membantu menenangkan pikiran. Mulai dari pijat refleksi hingga pijat dengan teknik tertentu seperti Shiatsu. Teknik pemijatan dari Jepang ini dapat menghilangkan rasa sakit dan relaksasi. Shiatsu ialah jenis pemijatan Jepang yang memerlukan penerapan nyaman memakai jari-jari untuk meregangkan, mengetuk, meremas, dan menekan titik-titik tubuh tertentu.

Tekanan jari-jari mempunyai efek yang sangat kuat pada jaringan ikat yang berada tepat di bawah kulit. Jaringan ikat ini menciptakan pelindung yang menutupi setiap sendi, pembuluh darah, otot, tulang, dan saraf termasuk sumsum tulang belakang dan otak. Sirkulasi darah yang buruk dapat membuat jaringan ikat menjadi padat. Dengan teknik pemijatan Shiatsu, maka tubuh akan merasa segar kembali dan rileks.

Tidak seperti teknik pemijatan lainnya, Shiatsu dapat dengan mudah dilakukan sendiri dengan hasil yang efektif. Berikut panduan sederhana untuk pemula yang ingin melakukan pijat tersebut di rumah seperti yang dikutip Okezone dari Boldsky, Selasa (31/7/2018):

Teknik relaksasi 1

Pegang kaki kanan memakai kedua telapak tangan sambil memberi tekanan pada telapak kaki memakai kedua ibu jari.

Teknik relaksasi 2

Berlututlah di lantai dengan posisi kaki ditempatkan di bawah bokong. Jangkau tangan ke arah kaki dan letakkan satu ibu jari pada titik tengah masing-masing telapak. Kedua teknik di atas dapat mengendurkan saraf di kaki, meningkatkan keseimbangan kaki, dan membuka sendi yang kaku. Lakukan gerakan pemijatan ini dua kali sehari.

Teknik peredaran energi 1

Pegang kaki kanan memakai kedua tangan dan telunjuk tangan. Mulailah gerakan dengan jempol kaki, letakkan kedua jari di bagian bawah jari kaki untuk menopang, dan pijat bagian atas jempol dengan kedua ibu jari dengan gerakan ke atas. Lakukan teknik ini pada setiap jari kaki selama 5 hingga 10 kali.

Teknik peredaran energi 2

Letakkan tangan dengan kuat di dada. Terapkan tekanan dan pijat dada, lalu usap jari-jari ke atas dan ke bawah selama 10 menit. Latihan terapeutik ini mempromosikan peredaran energi terapeutik dari dada ke seluruh tubuh dalam gerakan ke bawah. Lakukan latihan ini sehari sekali.

Teknik pengurangan kegelisahan 1

Gunakan jempol di tangan kiri untuk menekan bagian tengah telapak tangan kiri. Tekan area tersebut selama 30 hingga 60 detik. Tarik semua jari tangan kiri dengan bantuan tangan untuk meregangkannya. Lepaskan setelah 5 detik. Tekan dengan kuat bagian dalam telapak tangan kiri dengan ibu jari kanan selama 30 hingga 60 detik. Terakhir, balikkan tangan dan pijat bagian atas pergelangan tangan dalam gerakan melingkar selama 30 hingga 60 detik. Ganti tangan dan ulangi latihan yang sama. Melakukan latihan ini akan mengurangi kecemasan. Lakukan latihan ini dua kali sehari.

Teknik pengurangan stres

Letakkan kedua tangan di atas kepala, lalu letakkan jari-jari di kulit kepala dan ibu jari di pelipis. Berikan tekanan lembut ke pelipis, putar jempol dengan gerakan memutar sambil bernafas dalam-dalam selama 5 hingga 10 menit. Latihan ini akan membebaskan dari sakit kepala karena stres dan migrain. Lakukan latihan ini dua kali sehari.

(tam)

Comments