Ingat bocah obesitas Arya Permana? Kini sudah bisa main bola

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Ingat bocah obesitas Arya Permana? Kini sudah bisa main bola

Ingat bocah obesitas Arya Permana? Kini sudah bisa main bola

KEPONEWS.COM - Ingat bocah obesitas Arya Permana? Kini sudah bisa main bola Beberapa waktu yang lalu, Arya Permana, bocah berusia 13 tahun sempat muncul di banyak pemberitaan media. Seperti diketahui, Arya merupakan penderita obesitas atau kelebihan berat badan. Bocah asal Ka...

Beberapa waktu yang lalu, Arya Permana, bocah berusia 13 tahun sempat muncul di banyak pemberitaan media. Seperti diketahui, Arya merupakan penderita obesitas atau kelebihan berat badan. Bocah asal Karawang, Jawa Barat itu pun kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari karena berat badannya yang mencapai 190 kilogram.

Setelah menjalani perawatan intensif oleh Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, kondisi Arya berangsur membaik. Dilansir dari liputan6.com, Kamis (18/7), berat badan Arya kini telah turun menjadi 87 kilogram.

Ia pun mengaku kini bisa bermain olahraga kesukaannya sepak bola selama satu laga penuh. Sebelumnya, Arya hanya bisa bertanding selama lima menit. Bahkan, kadang ia tak bisa bermain sama sekali. Masalah pernafasan yang dulu ia alami pun kini tak lagi dirasakan Arya.

"Berkurang rasa sesak. Hambatan sih enggak ada tapi kalau main bola suka enggak nyaman sama kulit gitu. Sekarang lebih kuat main bolanya," kata Arya dikutip dari liputan6.com.

kondisi arya © 2019foto: liputan6.com

Kini, ia pun rajin bermain sepak bola dengan posisi favoritnya, adalah center back. Pola makan Arya saat ini jauh berkurang dari awal dirinya superobesitas. Dia mengaku, pola makan yang terjaga dan berolahraga menjadi kesehariannya menjelang tindakan operasi bedah plastik mendatang.

"Enggak ada persiapan khusus. Hari ini cuma kontrol (kesehatan) doang," lanjut remaja yang kini duduk di di bangku kelas 1 Sekolah Menengah Pertama ini.

Pemeriksaan kesehatan itu di antaranya merupakan pemeriksaan jantung, contoh darah dan kejiwaan. Arya mengaku siap menjalani operasi bedah plastik yang memakan waktu berkisar empat hingga lima jam.

Rencananya pada tanggal 24 Juli mendatang, tim dokter spesialis bedah plastik akan melakukan operasi mengikis kelebihan kulit Arya. Lokasi kelebihan kulit yang dialami oleh Arya berada di daerah dada, lengan, tangan dan kaki.

Recommended By Editor

Comments