Infertilitas Bisa Terjadi pada Pria, Waspadai 5 Tanda Ini

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Infertilitas Bisa Terjadi pada Pria, Waspadai 5 Tanda Ini

Infertilitas Bisa Terjadi pada Pria, Waspadai 5 Tanda Ini

KEPONEWS.COM - Infertilitas Bisa Terjadi pada Pria, Waspadai 5 Tanda Ini SETIAP pasangan yang telah menikah pasti menginginkan mempunyai keturunan. Namun, bagi beberapa pasangan, tidak semudah itu untuk mendapat momongan. Bahkan ada yang tidak bisa mempunyai keturunan atau...

SETIAP pasangan yang telah menikah pasti menginginkan mempunyai keturunan. Namun, bagi beberapa pasangan, tidak semudah itu untuk mendapat momongan. Bahkan ada yang tidak bisa mempunyai keturunan atau mengalami kemandulan.

Tanda dan gejala dari infertilitas (mandul) sering dikaitkan dengan kondisi yang mendasar. Misalnya, 10 hingga 15 persen kasus klamidia yang tidak diobati akan menyebabkan penyakit radang panggul (PID) yang mengarah pada penyumbatan saluran tuba yang mencegah pembuahan.

Namun, infertilitas bukan hanya bisa dialami oleh wanita. Pria pun juga dapat mengalaminya. Ada banyak kondisi yang dapat berkaitan dengan infertilitas pada pria dan wanita. Akan tetapi gejala pada pria jarang sekali diketahui.

(4 Tanda Tekanan Kabin Pesawat Tak Stabil, Hati-Hati Bila Mengalaminya)

Tanda dan gejala masing-masing pun sangat bervariasi. Berikut merupakan 5 tanda apabila pria mengalami infertilitas seperti yang telah dilansir Okezone dari Healthline, Senin (24/9/2018):

1. Perubahan hasrat seksual

Kesuburan seorang pria juga terkait dengan kesehatan hormonnya. Perubahan hasrat seksual pada pria bisa jadi merupakan tanda bahwa adanya masalah kesuburan pada diri Kamu.

2. Nyeri atau pembengkakan pada testis

Ada beberapa kondisi berbeda yang dapat menyebabkan rasa sakit atau pembengkakan di testis. Apabila Kamu mengalami nyeri atau pembengkakan di bagian testis, segeralah berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi ini merupakan tanda Kamu mengalami infertilitas.

3. Masalah mempertahankan ereksi

Kemampuan pria mempertahankan ereksi sering dikaitkan dengan kadar hormon dari dirinya. Hormon yang berkurang dapat terjadi pada pria dan ini mengakibatkan seorang pria mengalami infertilitas.

(Perempuan Wajib Waspadai Hipertensi Paru, Ini yang Harus Diperhatikan!)

4. Masalah ejakulasi

Kalau seorang pria tidak bisa untuk ejakulasi pada saat bersenggama, ini ialah tanda bahwa mungkin Kamu mengalami infertilitas. Kunjungi segera dokter Kamu apabila Kamu tidak dapat ejakulasi saat berhubungan dengan pasangan.

5. Testis kecil

Testis merupakan alat untuk menampung sperma pria. Jadi, kesehatan testis sangat penting untuk kesuburan pria. Testis yang kecil dapat mengindikasi adanya potensi masalah yang harus Kamu konsultasikan dengan pihak medis karena bisa jadi Kamu mengalami infertilitas

Namun, apabila Kamu memang didiagnosis mengalami infertilitas, jangan berkecil hati. Kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter yang ahli untuk membicarakan apakah Kamu masih berkemungkinan untuk mempunyai keturunan. Karena, kemajuan di bidang ini sudah semakin banyak sehingga Kamu tidak perlu khawatir karena Kamu masih dapat berkemungkinan untuk mempunyai momongan.

(tam)

Comments