Indra Bekti Jalani Masa Pemulihan dengan Latihan Fisioterapi di Rumah, Seperti Apa Prosesnya?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Indra Bekti Jalani Masa Pemulihan dengan Latihan Fisioterapi di Rumah, Seperti Apa Prosesnya?

Indra Bekti Jalani Masa Pemulihan dengan Latihan Fisioterapi di Rumah, Seperti Apa Prosesnya?

KEPONEWS.COM - Indra Bekti Jalani Masa Pemulihan dengan Latihan Fisioterapi di Rumah, Seperti Apa Prosesnya? Indra Bekti telah pulang ke rumah setelah dirawat di rumah sakit selama hampir satu bulan karena alami pendarahan otak. Meski begitu, Indra Bektj masih harus mengikuti terapi selama proses rawat jalan...

Indra Bekti telah pulang ke rumah setelah dirawat di rumah sakit selama hampir satu bulan karena alami pendarahan otak. Meski begitu, Indra Bektj masih harus mengikuti terapi selama proses rawat jalan.

"Rencananya nanti fisioterapi di rumah," ujar adik Indra Bekti, Cipta di daerah Pondok Kacang, Tangerang Selatan, Minggu (22/1/2023).

Untuk mempercepat pemulihan, Indra Bekti dijadwalkan melakukan terapi selama tiga kali dalam seminggu.

Indra Bekti dan Indy Barends. [TikTok]Indra Bekti dan Indy Barends. [TikTok]

"Nanti dilakukan seminggu tiga kali dari orang fisioterapinya. Biasanya tiap sesi satu jam sih, tapi nanti dilihat dari perkembangannya ya," terang Cipta.

Unggah Momen Kumpul Keluarga, Istri Indra Bekti: Ayah Kembali!

Tim dokter juga meminta keluarga untuk terus melatih kemampuan motorik Indra Bekti agar sang presenter cepat sembuh.

Fisioterapi merupakan tindakan rehabilitasi untuk menghindari atau meminimalkan keterbatasan fisik karena cedera maupun penyakit. Fisioterapi bisa dilakukan pada pasien dari semua rentang usia dengan banyak sekali macam tujuan, mulai dari meredakan sakit punggung hingga persiapan olahraga dan persalinan.

Dikutip dari Alodokter, tujuan fisioterapi untuk mengembalikan fungsi tubuh yang normal setelah terkena penyakit atau cedera.

Kalau tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, fisioterapi dapat dilakukan untuk mengurangi dampaknya. Tindakan fisioterapi bisa dilakukan dengan banyak sekali cara, baik itu penanganan secara manual maupun memakai alat.

Fisioterapi dilakukan melalui serangkaian pemeriksaan, diagnosis, dan penanganan masalah kesehatan yang muncul di tubuh.

Indra Bekti Pilih Pulang dan Jalani Rawat Jalan, Gara-gara Biaya Rumah Sakit Membengkak?

Berikut merupakan beberapa metode atau bentuk perawatan fisioterapi yang biasanya diterapkan kepada pasien:

1. Program latihan

Terapi ini melibatkan pasien untuk aktif melakukan gerakan, sehingga ia kembali terbiasa dengan fungsi normal tubuhnya. Fisioterapi juga bisa membantu pasien dengan mengoreksi teknik berolahraga yang salah dan menyebabkan cedera.

Beberapa terapi yang termasuk dalam program ini antara lain teknik memperbaiki postur tubuh, gerakan memperkuat otot, senam atau olahraga, dan peregangan otot.

2. Teknik elektroterapi

Terapi ini memakai alat dengan daya listrik atau disebut juga dengan terapi listrik. Beberapa terapi jenis ini antara lain terapi saraf dengan stimulasi elektrik (TEN), terapi stimulasi listrik melalui jaringan lemak (PENS), serta metode PENS dengan memadukan teknik akupuntur dan terapi listrik.

3. Fisioterapi manual

Yang temasuk fisioterapi jenis ini ialah pijat, peregangan, mobilisasi, dan manipulasi sendi. Fisioterapi manual bisa untuk membantu relaksasi, mengurangi nyeri dan meningkatkan fleksibilitas anggota gerak tubuh yang terganggu.

4. Terapi okupasi

Disebut juga dengan occupational therapy, ini merupakan bentuk terapi yang membantu pasien dengan keterbatasan atau ketidakmampuan fisik, sensorik, atau kognitif (pikiran) agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik. Terapi ini juga akan mengajarkan cara memakai alat bantu dengan tepat.

Comments