Indonesia pernah tukar pesawat dengan beras ketan dan sejumlah contoh barter di berbagai negara

Internasional

News / Internasional

Indonesia pernah tukar pesawat dengan beras ketan dan sejumlah contoh barter di berbagai negara

Indonesia pernah tukar pesawat dengan beras ketan dan sejumlah contoh barter di berbagai negara

KEPONEWS.COM - Indonesia pernah tukar pesawat dengan beras ketan dan sejumlah contoh barter di berbagai negara Barter menjadi cara tertua dalam melakukan usaha di dunia dan sejumlah contoh yang pernah terjadi merupakan Indonesia menukar pesawat dengan beras ketan Thailand dan pepsi ditukar dengan kapal perang...

Barter menjadi cara tertua dalam melakukan usaha di dunia dan sejumlah contoh yang pernah terjadi merupakan Indonesia menukar pesawat dengan beras ketan Thailand dan pepsi ditukar dengan kapal perang Uni Soviet.

Pertukaran barang dan jasa mendahului penggunaan uang dan diyakini berkembang semenjak masyarakat sosial pertama. Kini, sistem barter identik dengan negara-negara yang bergejolak.

Contohnya, nelayan di Venezuela yang menukar ikan tangkapannya dengan kebutuhan makanan atau obat-obatan, karena hiperinflasi di negaranya yang terjadi selama beberapa tahun, membuat mata uang mereka tak berharga.

Atau, contoh lain, jaringan sistem barter di Yunani yang muncul pada saat negara itu berada di tengah-tengah krisis finansial sekitar delapan tahun lalu.

Bagaimana pun, bukan hanya perorangan yang melakukan barter, tapi juga pemerintah.

A Pepsi sign in the then Soviet Union in 1986Getty Images Agar masuk ke pasar Uni Soviet, Pepsi membarter minuman bersodanya dengan vodka atau bahkan kapal perang.

Dan lagi-lagi, seringkali ini karena negara tersebut menghadapi krisis dan isolasi keuangan di panggung dunia, seperti yang terjadi dengan Venezuela dan Iran saat ini.

Bagi kedua negara, sistem barter membuat mereka sedikit leluasa dari blokade ekonomi AS.

Sistem barter juga terkadang digunakan oleh perusahaan-perusahaan, seperti produsen pesawat Indonesia, Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang menukar dua pesawatnya dengan 110.000 ton beras ketan dari Thailand pada 1996. Hanya itu yang ditawarkan oleh para penjual Thailand saat itu.

Menilik sejarah, hal yang sama juga dilakukan oleh perusahaan raksasa asa AS, Pepsi yang menukar minuman bersodanya dengan saus tomat Uni Soviet, agar bisa masuk ke pasar negara itu pada 1970an.

Iran menukar minyak mentah dengan beras dari India. Beras adalah makanan utama bagi orang Iran.Getty Images Iran menukar minyak mentah dengan beras dari India. Beras ialah makanan utama bagi orang Iran.

Pepsi, yang mempunyai jaringan gerai Pizza Hutt pada saat itu, memakai saus tomat di pizza bikinannya di seluruh Eropa barat.

Comments