Indonesia Menjadi Pionir Sejarah Otomotif Dunia

Otomotif

News / Otomotif

Indonesia Menjadi Pionir Sejarah Otomotif Dunia

Indonesia Menjadi Pionir Sejarah Otomotif Dunia

KEPONEWS.COM - Indonesia Menjadi Pionir Sejarah Otomotif Dunia JAKARTA - Jauh sebelum industri otomotif muncul di dunia, Indonesia ternyata menjadi negara yang mempunyai sejarah penting bagi perkembangan industri otomotif dunia. Pernyataan itu disampaikan Preside...

JAKARTA - Jauh sebelum industri otomotif muncul di dunia, Indonesia ternyata menjadi negara yang mempunyai sejarah penting bagi perkembangan industri otomotif dunia. Pernyataan itu disampaikan Presiden Direktur Mercedes Benz Distribution Indonesia (MBDI), Choi Duk Jun, di Museum Nasional Indonesia pada Sabtu (8/2/2020).

Peran Indonesia sebagai negara yang mempunyai sejarah otomotif dunia, Dibuktikan dari catatan kepemilikan unit mobil Benz Victoria Phaeton di Indonesia pada 1894 lalu. Kendaraan itu dipesan oleh Sultan Surakarta, Pakubuwono X, yang kemudian juga membeli mobil Daimler pertama pada 1907 adalah model Britze Daimler.

Mercedes Benz

Unit mobil Benz Victoria Phaeton sendiri, sayangnya sudah menjadi koleksi Museum Louwman di Belanda. Berdasarkan keterangan dari laman resmi museum tersebut, kendaraan dinas Sultan Surakarta Pakubuwono X itu diboyong ke Belanda untuk ditampilkan pada ajang pameran RAI Amsterdam Motor Show pada 1924 silam.

Kepala Museum Nasional Indonesia, Siswanto mengungkap Museum Nasional Indonesia resmi mendapat hibah generasi pendahulu mobil Benz tersebut adalah Benz Patent-Motorwagen dari Mercedes Benz Indonesia.

Selanjutnya

Comments