Indonesia Menghadapi Beban Ganda dari Penyakit Menular yang Masih Berjangkit

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Indonesia Menghadapi    Beban Ganda    dari Penyakit Menular yang Masih Berjangkit

Indonesia Menghadapi Beban Ganda dari Penyakit Menular yang Masih Berjangkit

KEPONEWS.COM - Indonesia Menghadapi Beban Ganda dari Penyakit Menular yang Masih Berjangkit JAKARTA - Dr Nafsiah Mboi, Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2012-2014 menyatakan, Indonesia mencatat kemajuan besar dalam bidang kesehatan semenjak tahun 1990. Ini ditandai meningkatnya usia harap...

JAKARTA - Dr Nafsiah Mboi, Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2012-2014 menyatakan, Indonesia mencatat kemajuan besar dalam bidang kesehatan semenjak tahun 1990.

Ini ditandai meningkatnya usia harapan hidup jadi delapan tahun lebih lama serta menurunnya beban penyakit menular seperti diare dan tuberkulosa (TBC).

Namun pada saat ini juga Indonesia menghadapi tantangan meningkatnya banyak sekali penyakit tidak menular, antara lain penyakit jantung, diabetes, stroke, kanker, dan lain-lain.

Indonesia saat ini menghadapi tantangan Beban Ganda Penyakit . Kita harus tetap giat melakukan banyak sekali upaya untuk menurunkan infeksi penyakit menular seperti TB, diare dan banyak sekali gangguan kesehatan ibu dan bayi," kata Nafsiah saat memaparkan studi terbaru yhang dilakukan The Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di Jakarta, Jumat (29/6/2018).

IHME ialah organisasi penelitian kesehatan global independen di University of Washington yang memberikan pengukuran cermat dan berimbang wacana permasalahan kesehatan publik di dunia serta mengevaluasi banyak sekali taktik yang digunakan untuk menanggulanginya.

Studi bertajuk, On the road to universal health care in Indonesia, 1990 2016: a systemic analysis for the Global Burden of Disease Study 2016, diterbitkan hari ini melalui The Lancet. Studi ini merupakan bagian dari edisi khusus yang akan mengangkat banyak sekali aspek dari kesehatan di Indonesia.

Nafsiah Mboi: Harga Rokok di Indonesia Terlalu Murah

Nafsiah yang menjadi Lead-Author (penulis utama) dari studi ini menyebutkan, masalahnya makin kompleks dengan meningkatnya usia harapan hidup di Indonesia, dengan tantangan kombinasi banyak sekali penyakit pada penduduk lanjut usia.

Usia harapan hidup orang Indonesia tahun 2016 mencapai 71,7 tahun, lebih lama dibandingkan dengan usia harapan hidup yang hanya 63,6 tahun pada tahun 1990.

Perempuan Indonesia hidup sedikit lebih lama dibandingkan para pria. Peningkatan usia harapan hidup ini sebagian besar disebabkan karena keberhasilan Indonesia menanggulangi penyakit menular, penyakit terkait kehamilan, neonatal, dan penyakit-penyakit terkait gizi.

"Di tahun 1990, penyakit diare, infeksi saluran nafas bawah (LRI), dan tuberkulosa (TBC) masih merupakan tiga penyakit penyebab utama kematian dan disabilitas," katanya.

Indonesia Menghadapi    Beban Ganda    dari Penyakit Menular yang Masih Berjangkit

Comments