Indonesia Bakal Punya Pabrik Kendaraan Listrik di Masa Depan

Otomotif

News / Otomotif

Indonesia Bakal Punya Pabrik Kendaraan Listrik di Masa Depan

Indonesia Bakal Punya Pabrik Kendaraan Listrik di Masa Depan

KEPONEWS.COM - Indonesia Bakal Punya Pabrik Kendaraan Listrik di Masa Depan Kerja sama antara Indonesia dengan Jepang sudah berlangsung puluhan tahun, di banyak sekali bidang, termasuk untuk industri otomotif. Wujud nyatanya ialah mobil-mobil yang berseliweran di banyak sekal...

Kerja sama antara Indonesia dengan Jepang sudah berlangsung puluhan tahun, di banyak sekali bidang, termasuk untuk industri otomotif.

Wujud nyatanya ialah mobil-mobil yang berseliweran di banyak sekali jalanan di wilayah Nusantara. Tak hanya itu, produsen otomotif Jepang juga membangun pabrik kendaraan secara lokal.

Kini, kedua negara terus menjalin kerja sama dalam upaya pengembangan industri otomotif, termasuk untuk mendorong percepatan produksi kendaraan yang ramah lingkungan.

Langkah tersebut, diwujudkan melalui sinergi antara Kementerian Perindustrian RI dengan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Perindustrian (Ministry of Economy, Trade and Industry/METI) Jepang.

Toyota Yaris Ikut 'Party' Bareng di DWP 2019

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perin RI, Harjanto mengatakan, perwakilan pemerintah Jepang itu memberikan gambaran perihal pengembangan industri kendaraan listrik.

"Adapun yang kamibahas, antara lain mengenai kebijakan pengembangan industri otomotif kedua negara. Selain itu, tren dan aktivitas penggunaan kendaraan listrik, serta pengembangan baterainya di dunia, ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu 15 Desember 2019.

Dirjen ILMATE Kemenperin dan perwakilan METI Jepang

umur panjang

Luar Biasa, Ini 7 Rahasia Umur Panjang Masyarakat Jepang

Pemda DIY dan Grab Indonesia

Bebas Polusi, Yogyakarta Bakal Punya Layanan Mobil Listrik

Hyundai Ioniq Electric

Grab Latah, Siapkan Armada Mobil Listrik Di Indonesia

Quick charging mobil listrik di Gedung BPPT, Jakarta

Grab Bangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Tahun Depan, Toyota Lebih Gencar Jualan Mobil Hybrid di Indonesia

Peluncuran Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik

Siap-siap, Sepeda Motor dan Mobil Listrik Grab Mengaspal Bulan Depan

Harjanto mengatakan, sinergi antara pemerintahan kedua negara ini dilakukan untuk membuatkan pengetahuan, dan pengalaman mengenai standardisasi serta regulasi teknis yang diimplementasikan di kedua negara.

Terkait pengembangan kendaraan listrik, kata Harjanto, kedua belah pihak sudah membicarakan perkembangan investasi dan insentif untuk pengembangan industri kendaraan ramah lingkungan itu.

Apalagi, di sektor otomotif, Jepang juga merupakan salah satu kisah sukses dari para investor yang ingin terus menanamkan modalnya di Tanah Air.

Kami jelaskan secara komprehensif kepada mereka, sehingga bisa mendapatkan pemahaman yang jelas, paparnya.

Agar investor dari produsen otomotif Jepang tertarik menanam dana, untuk pengembangan kendaraan listrik, kata Harjanto, Pemerintah Indonesia akan memfasilitasi pemberian insentif fiskal seperti tax holiday.

Kami fokus membidik investasi pembuatan baterai, electric motor, dan power control unit. Insentif tersebut diberikan kalau investasinya sekitar USD50 juta atau dibuat proses industrialisasi di dalam negeri, ucapnya.

Comments