Indahnya Foto Bumi Terbit di Bulan

Unik

Ragam / Unik

Indahnya Foto Bumi Terbit di Bulan

Indahnya Foto Bumi Terbit di Bulan

KEPONEWS.COM - Indahnya Foto Bumi Terbit di Bulan NASA meluncurkan sebuah foto indah. Bumi terlihat dari permukaan bulan, seolah-olah terbit. Foto itu ditangkap oleh Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) NASA, pesawat luar angkasa robotik yang mengorbit...


NASA meluncurkan sebuah foto indah. Bumi terlihat dari permukaan bulan, seolah-olah terbit. Foto itu ditangkap oleh Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) NASA, pesawat luar angkasa robotik yang mengorbit di bulan semenjak 2009. Umumnya, LRO digunakan untuk memotret dari permukaan bulan, namun pada awal tahun ini, kamera LRO diarahkan menjauhi dari bulan untuk mengobservasi atmosfer satelit permukaan satelit alami bumi itu. Dari sudut pandang itulah, Bumi tertangkap kamera.

Foto cantik ini sesungguhnya dibuat dari serangkaian foto yang diambil berkali-kali di pertengahan Oktober. LRO memiliki fitur kamera ber-angle sempit yang mengambil foto berkualitas tinggi, namun hanya dalam warna hitam dan putih, dan kamera ber-angle lebar yang mengambil gambar berkualitas rendah, namun berwarna.

Artinya, seperti yang dikutip dari liputan6.com, mengambil foto berkualitas tinggi sekaligus berwarna tak bisa diambil sekali jepret, dan menurut NASA, harus melalui proses khusus.


Bumi terlihat seolah terbit di permukaan bulan.

Bumi yang terbit di permukaan bulan terlihat mirip dengan gerakan matahari terbit yang kita saksikan di menjelang pagi. Namun, Anda tak bisa melihat foto semacam ini kecuali berdiri di bulan, karena bulan yang mengitari bumi.

Dilihat dari permukaan bulan, bumi tak pernah terbit maupun tengggelam, terang Mark Robinson dari Arizona State University dikutip dari rilis pers NASA.

Semenjak Bulan terkunci melalui proses pergerakan ombak, Bumi selalu terlihat di posisi yang sama di horizon, pergerakannya sedikit, hanya tergantung guncangan kecil di permukaan bulan, sambung Robinson menutup penjelasannya.

Comments