Imunoterapi Jadi Amunisi Terbaru Melawan Kanker

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Imunoterapi Jadi Amunisi Terbaru Melawan Kanker

Imunoterapi Jadi Amunisi Terbaru Melawan Kanker

KEPONEWS.COM - Imunoterapi Jadi Amunisi Terbaru Melawan Kanker JAKARTA - Meningkatnya angka kejadian kanker di Indonesia dan di seluruh dunia melahirkan kekhawatiran tersendiri. Sudah beberapa dekade perlawanan dilakukan terhadap penyakit kanker, namun angka kema...

JAKARTA - Meningkatnya angka kejadian kanker di Indonesia dan di seluruh dunia melahirkan kekhawatiran tersendiri.

Sudah beberapa dekade perlawanan dilakukan terhadap penyakit kanker, namun angka kematian masih tinggi.

Banyak sekali penelitian di bidang terapi untuk kanker terus dilakukan untuk menghasilkan terapi kanker yang efektif.

Beberapa tahun terakhir, dunia penelitian mulai menaruh harapan besar pada imunoterapi yang kini menjadi harapan baru bagi pasien kanker.

Dr dr Andhika Rachman, SpPD, KHOM, staf pengajar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM menjelaskan bahwa imunoterapi memiliki tujuan yang sama dengan terapi kanker yang sudah dikembangkan sebelumnya, yaitu terapi target.

Artinya terapi menyasar langsung kepada sel kanker yang dituju. Hanya saja, pada imunoterapi, konsepnya sedikit berbeda.

"Imunoterapi memberikan kesempatan kepada sel kekebalan tubuh agar lebih aktif melawan sel kanker," katanya, Selasa (5/6/2018).

Terindikasi Kanker Hati, Ayah Olla Ramlan Ogah Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Imunoterapi memutus ikatan antara PD-1 (Programmed Cell Death-1) yaitu reseptor yang ada di permukaan sel-T, sel yang berperan penting dalam sistem imun, dengan PD-L1 (Programmed Death-Ligand 1) yang ada di permukaan sel kanker.

Ketika PD-1 dan PD-L1 berikatan, maka sel T tak bisa mengenali sel kanker sehingga terjadi kegagalan untuk membunuh sel kanker sebagaimana seharusnya.

PD-1 itu dijadikan salah satu kaki dari sel kanker tadi untuk melumpuhkan sel imun kita. PD-1 ditempel dan dimodifikasi, sehingga program untuk melumpuhkan sel kanker tidak berjalan, kata Andhika.

Imunoterapi Jadi Amunisi Terbaru Melawan Kanker

Comments