Imlek Bagian dari Mozaik Indah Bernama Indonesia

Nasional

News / Nasional

Imlek Bagian dari Mozaik Indah Bernama Indonesia

Imlek Bagian dari Mozaik Indah Bernama Indonesia

KEPONEWS.COM - Imlek Bagian dari Mozaik Indah Bernama Indonesia JAKARTA - Nama Presiden keempat Republik Indonesia Abdurrahman Wahid tidak akan pernah lepas dari penetapan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur nasoinal. Semangat Gus Dur untuk memperindah keberagaman...

JAKARTA - Nama Presiden keempat Republik Indonesia Abdurrahman Wahid tidak akan pernah lepas dari penetapan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur nasoinal.

Semangat Gus Dur untuk memperindah keberagaman di Indonesia dan menghargai perbedaan menjiwai setiap perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia.

Pada era Orde Baru, masyarakat Indonesia keturunan etnis Tionghoa tidak dapat merayakan Imlek secara terbuka.

Hal ini tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 14 Tahun 1967 perihal Agama, Kepercayaan, dan Istiadat Istiadat China.

Dalam aturan tersebut Presiden Soeharto menginstruksikan masyarakat keturunan etnis Tionghoa merayakan pesta agama atau istiadat istiadat secara tidak mencolok di depan umum. Perayaan sebatas dilakukan di lingkungan keluarga.

Gus Dur mendobrak aturan ini saat dia menjadi presiden.

Kumpulan GIF Milenial Ucapan Selamat Imlek 2020, Gambar Bergerak Asyik Dishare ke WA dan Facebook

Usaha Otomotif Bisa Jatuh di Tahun Tikus Logam

Dalam berita di Kompas.com berjudul "Peran Gus Dur di Balik Kemeriahan Imlek" yang terbit pada 30 Januari 2017, dijelaskan Gus Dur merupakan sosok yang tidak suka diskriminasi terhadap etnis Tionghoa.

Gus Dur juga orang pertama yang menyelesaikan masalah diskriminasi terhadap etnis Tionghoa di Indonesia.

Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2000, Gus Dur menyudahi satu permasalahan diskriminasi pada etnis Tionghoa hingga akhirnya mereka bisa merayakan Imlek secara bebas dan terbuka.

Keppres tersebut mematahkan aturan dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 14 Tahun 1967 wacana Agama, Kepercayaan, dan Tata cara Istiadat China.

Imlek Bagian dari Mozaik Indah Bernama Indonesia

Comments