Imlek akan datang, ini makanan yang konon membawa peruntungan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Imlek akan datang, ini makanan yang konon membawa peruntungan

Imlek akan datang, ini makanan yang konon membawa peruntungan

KEPONEWS.COM - Imlek akan datang, ini makanan yang konon membawa peruntungan Perayaan Imlek yang jatuh pada 28 Januari mendatang ini sudah sangat terasa. Nah biasanya ini akan ada makanan khas yang wajib hadir di meja ketika perayaan Imlek.Salah satu menu wajib di perayaan Iml...

Perayaan Imlek yang jatuh pada 28 Januari mendatang ini sudah sangat terasa. Nah biasanya ini akan ada makanan khas yang wajib hadir di meja ketika perayaan Imlek.

Salah satu menu wajib di perayaan Imlek merupakan Yee Sang. Makanan yang berbahan dasar sayuran segar ini merupakan menu wajib masyarakat China. Rupanya, menu ini memiliki arti loh. Bahkan setiap penyajiannya ada ritual dan doanya tersendiri.

Nah bagi kamu yang baru mendengar nama makanan khas ini, ternyata ada salah satu mitos yang konon dipercaya hingga sekarang lho. Yakni, makanan ini dipercaya membawa kemakmuran bagi masyarakat yang memakannya.

Salah satu restoran yang menyediakan menu ini ialah Fook Yew. Restoran China yang berada di Grand Indonesia, Jakarta ini, menganggap menu makanan yang satu itu memang istimewa pada perayaan Imlek.

"Ini merupakan tradisi masyarakat China setiap tahun baru Imlek. Mereka ingin merayakan bersama keluarga. Orang China kebanyakan pebisnis. Makan Yee Sang ini memiliki arti kemakmuran atas pencapaian target selama setahun ke belakang. Makan Yee Sang ini dilakukan bersama," ujar Asisstant Brand Manager Fook Yew Cynthia V. Utami kepada media belum lama ini.

Yee Sang ini sebenarnya berupa salad ikan segar ditambah irisan halus sayuran mirip wortel dan lobak. Daging ikan yang dipakai ialah irisan ikan tuna atau ikan salem yang sebelumnya bisa sudah direndam dalam campuran minyak wijen, minyak goreng, dan merica. Saus dibuat campuran minyak (minyak goreng dan minyak wijen) dengan tambahan saus buah prem, gula pasir, dan bubuk kayu manis.

Tiap chef memiliki cara tersendiri dalam penyajian, termasuk variasi menu. Di Singapura dan Malaysia, Yee Sang ialah hidangan khusus untuk Tahun Baru Imlek. Makanan ini dihidangkan sebagai makanan pembuka, dan biasanya dimakan pada hari Renri (hari ke-7 bulan pertama kalender Imlek).

Menurut tradisi, ketika diaduk dengan saus, ikan dan sayuran harus diangkat tinggi-tinggi di atas piring. Semakin tinggi Yee Sang terangkat, maka semakin baik pula peruntungan pada tahun yang baru. Yee Sang diaduk bersama-sama oleh orang yang duduk satu meja sambil saling mengucapkan selamat tahun baru Imlek. Tradisi mengaduk Yee Sang dan mengangkatnya tinggi-tinggi disebut lo hei.

"Maknanya sih sebenarnya agar diperlancar segala urusan ekonomi, dijauhkan dari masalah, dan diberi panjang umur," ungkap Cynthia.

(swh)

Comments