Ilmuwan Ungkap Hantaman Asteroid yang Punahkan Dinosaurus

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ilmuwan Ungkap Hantaman Asteroid yang Punahkan Dinosaurus

Ilmuwan Ungkap Hantaman Asteroid yang Punahkan Dinosaurus

KEPONEWS.COM - Ilmuwan Ungkap Hantaman Asteroid yang Punahkan Dinosaurus JAKARTA - Salah satu bencana terbesar diyakini terjadi 66 juta tahun lalu. Sebuah asteroid besar telah menghantam Bumi dan dikabarkan telah memusnahkan kehidupan dinoasurus pada masa lalu. Dilansir da...
Loading...

JAKARTA - Salah satu bencana terbesar diyakini terjadi 66 juta tahun lalu. Sebuah asteroid besar telah menghantam Bumi dan dikabarkan telah memusnahkan kehidupan dinoasurus pada masa lalu.

Dilansir dari laman Fox, Rabu (11/9/2019) bencana itu tidak hanya menghancurkan dinosaurus. Akan tetapi juga memusnahkan banyak sekali bentuk kehidupan dari reptil terbang yang disebut pterosaurus hingga kerabat kerang nautilus yang disebut kerabat ammonit.

Kadal, ular, mamalia dan banyak lagi juga mengalami kepunahan mereka. Petunjuk perihal yang terjadi pada masa itu terkubur dalam lapisan batu yang menumpuk sedalam 12 mil.

Ilmuwan Ungkap Hantaman Asteroid yang Punahkan Dinosaurus

Lebih Kuat Dibanding Bom Nuklir, Asteroid Apophis Bakal Hantam Bumi?

Salah satu bekas bencana tersebut tersembunyi di dasar Semenanjung Yucatan dan Teluk Meksiko. Kawah Chicxulub yang sangat besar merupakan sisa dari salah satu hari paling penting dalam sejarah kehidupan Bumi.

Memakai sampel inti yang dikumpulkan pada 2016, ahli geologi Universitas Texas di Austin Sean Gulick dan tim dari puluhan peneliti lainnya telah menyatukan kisah kepunahan Cretaceous-Paleogene.

"Kami menafsirkan bagian ini untuk mewakili dampak pos hari pertama, yang menurut definisi skala waktu geologis, menjadikannya hari pertama Kenozoikum semenjak Kapur berakhir saat asteroid menghantam," kata Gulick.

Selanjutnya
Loading...

Comments